Pengertian dari kata “TUBAN”

Cukup banyak hasil yang akan ditemukan saat kita mencari kata “Tuban” di internet. Namun tak banyak yang tahu apakah arti kata tersebut yang sesungguhnya. Kata “Tuban” bisa berarti sebuah kota yang ada di Jawa Timur namun juga bisa diartikan sebagai sebuah wilayah yang ada di Provinsi Bali. Kata tersebut bisa juga memiliki arti yang lain atau bahkan mungkin memiliki arti tersendiri yang hanya orang tertentu saja yang mengetahuinya.

Banyak hal di dunia ini yang bisa dijabarkan dengan kata-kata. Semua hal bisa diungkapkan melalui kalimat yang mudah dimengerti. Untuk memudahkan orang lain dalam memahami sebuah hal, terciptalah sebuah kata. Hal inilah yang menjadi latar belakang munculnya kata TUBAN. Untuk memberi gambaran yang sederhana, TUBAN adalah sebuah kata yang memiliki banyak arti. Dalam tulisan kali ini, kata tersebut berarti sebuah kota kecil di Provinsi Jawa Timur yang mempunyai banyak potensi dan keragaman budaya serta masyarakat. Meskipun banyak orang sering mendengar kata tersebut namun tak banyak yang mengerti makna dan hakikat yang sesungguhnya. Dengan adanya tulisan kecil ini, diharapkan semua orang akan mengerti tentang keberadaan sebuah kota di jawa timur yang bernama Kota Tuban. Masyarakat internasional sering mengira kota ini terletak di daerah BALI. Hal ini dikarenakan ada juga tempat dengan nama yang sama di wilayah BALI.

TUBAN adalah kota perairan yang berarti masyarakatnya hidup dari menangkap ikan. Yang membuat kota ini berbeda dengan lainnya adalah adanya beragam mata pencaharian seperti pertanian dan juga perindustrian. Di daerah pesisir pantai, masyarakat TUBAN menggantungkan diri dari hasil perikanan. Di daerah pegunungan, pertanian tampaknya adalah hal yang harus dijalani. Sedangkan perindustrian berkembang pesat seiring dengan adanya bahan baku yang melimpah seperti minyak dan juga hasil bumi. Hal ini membuat kota TUBAN menjadi kota yang mempunyai kemampuan daya saing cukup tinggi diantara kota sekitarnya. Selain dibatasi oleh laut disebelah utara, hampir sebagian kota ini berupa pegunungan dan dataran yang cocok untuk pertanian.

Kata TUBAN berasal dari masa lalu. Banyak dongeng dan juga sejarah yang menceritakannya. Namun karena kurangnya referensi dan sumber autentik, TubanCity.com belum akan membahas hal itu. Yang bisa disampaikan adalah kata TUBAN berarti sebuah kota di Indonesia yang semakin berkembang. Di tempat ini mulai bermunculan beragam pertokoan dan juga pabrik. Sektor perbankan sepertinya juga tak ingin kalah bersaing dengan sektor lainnya. Hal ini ditandai dengan adanya beragam perkantoran dari banyak bank ternama. (awal 2012) Meski menjadi area yang ramai, disini masih langka teknologi canggih yang bisa mempermudah masyarakat. Hal ini bisa dimaklumi karena hampir banyak tempat masih belum mempunyai peralatan canggih untuk bisa digunakan dalam kegiatan produksinya. Berbeda dengan masyarakat eropa yang telah menggunakan pesawat terbang untuk pertanian, disini semua dilakukan secara manual. Hal inilah yang membuat kota Tuban menjadi unik.

Tuban adalah sebuah harapan. Banyak orang bergantung dari sektor ekonomi di kota ini. Di tempat inilah banyak warga menggantungkan hidupnya untuk meringankan beban hidup. Sebagian besar warga hidup dalam sektor swasta. Sektor pertanian semakin lama semakin berkurang seiring dengan semakin hilangnya popularitas pekerjaan tersebut. Sebuah hal yang sangat disayangkan. Pertanian adalah hal yang sangat penting. Setidaknya itulah yang terpikirkan saat ini.

Keragaman budaya juga ada di kota Tuban. Beraneka ragam masyarakat yang tinggal di wilayah ini memiliki ciri khas tersendiri. Sebuah desa yang satu dan lainnya biasanya memiliki hal unik yang berbeda. Bila dikembangkan secara benar, kemungkinan munculnya pariwisata budaya sangatlah besar. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang ada, kota ini dipastikan akan selalu berkembang.

Tuban adalah sebuah kota. Seiring dengan semakin berkembangnya kota ini, dipastikan akan banyak sektor baru yang bisa dimaksimalkan. Beraneka ragam budaya ada di kota ini diharapkan bisa menjadi daya tarik tersendiri yang bisa menambah khasanah budaya, pariwisata dan juga nilai positif lainnya.

Label

Moch Rifai

Moch Rifai adalah seorang blogger yang berasal dari kota Tuban Jawa Timur. Cita-citanya untuk memperkenalkan hal-hal menarik yang ada di kota kelahirannya adalah alasan utama terciptanya blog ini.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *