Jenis Wisata

Jika kita membahas tentang jenis-jenis wisata yang ada di Kota Tuban maka kita harus lebih dulu mengenal tentang Kota Tuban itu sendiri. Kota Tuban adalah sebuah wilayah di Provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan lautan dan sebagian besar daratannya merupakan lahan bebatuan ataupun pegunungan. Kota Tuban memiliki sumber daya alam yang melimpah khususnya Air, Mineral dan Bahan Tambang. Sebagian besar penduduknya masih bekerja sebagai petani namun tak sedikit juga yang mulai beralih profesi ke wirausaha swasta dan industri.

Dari deskripsi sederhana di atas, bisa kita simpulkan jika Kota Tuban memiliki berbagai bentuk potensi wisata yang beragam. Dari kontur tanahnya yang sebagian besar terdiri atas bebatuan dan tekstur pegunungan, Kota ini memiliki begitu banyak Goa yang tersebar hampir di seluruh wilayah Tuban. Dari jumlah air yang melimpah, kota ini memiliki berbagai bentuk sungai dan juga air terjun yang menawan.

Karena berbatasan langsung dengan lautan, Kota Tuban menjadi salah satu wilayah di Jawa Timur yang memiliki destinasi wisata berbasiskan lautan. Adapun pantai yang ada di kota ini bisa dikembangkan menjadi wisata andalan yang mampu menjadi sumber pendapatan daerah. Beberapa pantai di Tuban bahkan sudah sangat dikenal dan telah menjadi tujuan wisata yang sangat ramai.

Pegunungan yang tersebar merata menjadi salah satu daya tarik wilayah Tuban. Keindahan panorama yang tersaji di hampir tiap pegunungan membuat setiap orang ingin selalu menikmati waktu fajar dan senja di pegunungan.

Jenis Wisata Di Kota Tuban

Jenis Wisata di Tuban

Ada enam jenis wisata utama yang ada di Kota Tuban. Berikut ini adalah ke-enam wisata tersebut:

  1. Wisata Pantai atau Pariwisata Bahari
    Jenis wisata ini berhubungan dengan pemanfaatan potensi laut. Yang termasuk wisata ini adalah Pantai Boom Tuban, Pantai Kelapa di Panyuran, Pantai Remen di Jenu dan lain sebagainya.
  2. Wisata Edukasi
    Wisata jenis ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan. Yang termasuk dalam wisata ini adalah Wisata ke Perpustakaan Umum Tuban, Wisata ke Perguruan tinggi atau Universitas di Tuban, Wisata di Laboratorium Tuban dan lainnya.
  3. Wisata Alam Panorama
    Wisata ini memanfaatkan indahnya panorama yang ada di Tuban. Yang termasuk dalam jenis pariwisata ini adalah Wisata gunung Kapur Tuban, Wisata Goa Suci, Wisata Goa Akbar, dan lain sebagainya.
  4. Wisata Religi
    Wisata jenis ini berkaitan erat dengan aktivitas keagamaan dan kerohanian. Jenis wisata ini adalah Wisata Sunan Bonang, Wisata Sunan Geseng dan lainnya.
  5. Wisata Histori
    Wisata jenis ini bertujuan untuk mengetahui kejadian di masa lalu sekaligus mengetahui nilai sejarah yang terkandung di dalamnya. Salah satu contoh jenis wisata ini adalah Wisata Museum Kambang Putih di sebelah selatan alun-alun Tuban.
  6. Wisata Sosial
    Wisata jenis ini berkaitan erat dengan sosial budaya dan pengembangan suatu wilayah. Wisata jenis ini sangat bergantung dengan kondisi sosial dan juga budaya di suatu daerah. Contoh jenis wisata ini adalah Wisata Kampung Batik di Tuban.

Wisata Lainnya

Disamping ke enam jenis wisata tersebut, masih terdapat jenis wisata lainnya yang sebenarnya terdapat di Tuban namun keberadaannya masih belum terlalu banyak di kenal. Jenis Wisata tersebut adalah:

  1. Wisata Industri
    Pada wisata ini setiap pengunjung diajak ke suatu proses produksi dan mendapat presentasi secara langsung dari perwakilan pengelola industri tersebut. Jenis wisata ini mampu meningkatkan hubungan positif dan relasional antara masyarakat dan juga pengelola tempat industri. Selain itu, hasil proses produksi juga akan lebih dikenal dan berpotensi meningkatkan jumlah penjualan.
  2. Wisata Kuliner
    Pada wisata ini setiap pengunjung diajak ke berbagai tempat tertentu yang menyediakan beragam makanan khas kota Tuban. Wisata jenis ini sangat tepat dilakukan untuk mengenalkan jenis makanan/masakan tertentu sekaligus untuk meningkatkan potensi perdagangan di wilayah tersebut.

Ke enam jenis wisata diatas dan juga dua wisata tambahan lainnya merupakan kekayaan khasanah kota Tuban. Sebagai warga masyarakat, Kita wajib menjaga sekaligus membantu mewujudkan setiap tempat wisata di Tuban untuk menjadi lebih baik lagi.

Pengembangan potensi Wisata di Tuban bisa dibilang masih cukup jauh dari harapan sebagian masyarakat. Adapun pendapatan daerah dari pariwisata sepertinya masih belum bisa diharapkan untuk bisa mendongkrak pembangunan secara cepat dan menyeluruh. Meski begitu, jika ditata dan diatur dengan baik, besar kemungkinan pendapatan dari pariwisata bisa untuk meningkatkan pembangunan di segala bidang. Sebagian besar masyarakat Tuban masih berharap jika Pariwisata di Tuban bisa menjadi lebih baik lagi. Semoga harapan tersebut bisa direalisasikan di waktu mendatang.

Subkategori Jenis Wisata
  1. Wisata Bahari dan Pariwisata Pantai di Tuban