Lowongan Kerja Bank

Informasi berikut ini adalah mengenai Lowongan Kerja Bank terbaru yang tersedia di bulan ini. Informasi tersebut dikumpulkan dari berbagai sumber termasuk informasi langsung dari perwakilan perbankan dan juga dari lembaga resmi seperti Departemen Tenaga Kerja (DEPNAKER).

Karir di Bank

Bekerja di bank masih menjadi pilihan yang cukup bagus bagi setiap orang. Ada banyak sekali kelebihan bekerja di sektor perbankan jika dibandingkan dengan sektor pekerjaan lainnya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Gaji atau pendapatan yang cukup tinggi.
    Banyak yang telah mengetahui jika gaji yang diterima oleh setiap orang yang bekerja di sektor perbankan pada umumnya memiliki gaji yang cukup tinggi.
  2. Adanya Insentif dan Reward.
    Insentif pada umumnya diberikan dalam bentuk bonus yang bisa diterima di akhir bulan atau pada periode waktu tertentu.
  3. Adanya jenjang Karir yang bagus.
    Jenjang karir yang tersedia di perbankan biasanya tersedia bagi setiap pekerja yang telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan.

Disamping ketiga hal diatas, bekerja di bank juga memiliki beberapa ciri khusus:

  1. Membutuhkan dedikasi tinggi.
    Tanpa adanya dedikasi, besar kemungkinan karir tidak akan berkembang atau bahkan malah dikeluarkan dari tempat bekerjanya tersebut.
  2. Membutuhkan tanggung jawab yang sangat tinggi.
    Tipe pekerjaan di sektor perbankan membutuhkan seseorang yang memiliki tanggung jawab sangat tinggi untuk menyelesaikan setiap tugas dan kewajibannya tepat waktu dan sebaik mungkin.
  3. Memiliki etos kerja yang baik, ramah dan bisa bekerjasama dalam tim.

Jenis Pekerjaan di Bank

berikut ini adalah struktur jabatan dan jenjang karir di bank. Harap diketahui jika struktur tersebut mungkin berbeda pada setiap bank. Struktur yang tercantum disini bukan struktur kepemimpinan melainkan struktur untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih tinggi. Struktur ini dimulai dari tipe pekerjaan yang digeluti setiap pekerja hingga pada akhirnya mencapai jabatan yang cukup tinggi menjadi kepala cabang sebuah bank.

  1. Marketing —> Analis Kredit —> Account Officer (AO) —> Kepala Cabang
    Jika anda memilih karir dari pekerjaan sebagai tenaga Marketing, maka untuk menjadi seorang kepala cabang anda harus naik tingkat dulu menjadi Analis Kredit kemudian meningkat ke Account Officer hingga pada akhirnya menjadi Kepala Cabang.
  2. CS —> Marketing —> AO —> Kepala Cabang
    Jika anda memilih karir sebagai tenaga Customer Service (CS) maka anda harus melewati Marketing dan Account Officer sebelum terpilih menjadi Kepala Cabang.
  3. Teller —> Customer Service (CS) —> Account Officer (AO) —> Kepala Cabang
    Bagi yang bekerja sebagai Teller, anda harus mampu bekerja sebagai Customer Service dan Account Officer sebelum bisa menjadi Kepala Cabang.
  4. Back Office —> CS —> AO —> Kepala Cabang
    Pada dasarnya tipe pekerjaan ini hampir sama dengan Teller.

Untuk bisa menjadi seorang Kepala Cabang di sebuah bank, terdapat jenis kemampuan tertentu yang harus dimilikinya. Itulah sebabnya terdapat jenjang karir seperti pada struktur diatas yaitu bertujuan agar seorang Kepala Cabang memiliki keahlian di banyak bidang agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Segmen Pekerjaan di Bank

Pada dasarnya terdapat empat segmen pekerjaan di bank yaitu:

  1. Segmen Bisnis.
    Segmen ini juga dikenal sebagai segmen Marketing. Pada segmen ini setiap pekerja memiliki tanggung jawab untuk menjadikan setiap bank berkembang menjadi lebih baik lagi. Marketing, Account Officer dan Kolektor adalah beberapa contoh pekerjaan dalam segmen ini.
  2. Segmen Operasional.
    Pada segmen ini setiap pekerja bertugas melayani para nasabah dengan baik dan sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Tipe pekerjaan dalam segmen ini adalah Teller, Back Office dan lain-lain.
  3. Segmen Non-Operasional.
    Pada bagian ini tugas utamanya adalah memastikan setiap pekerja telah bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Yang masuk dalam kategori ini adalah Compliance Risk Management (CRM) dan Human Resource Department (HRD)
  4. Segmen Support.
    Pada kategori ini setiap pekerja bertugas menjaga kelangsungan usaha sebuah bank. Tipe pekerjaan ini diantaranya adalah Analis Kredit.

Contoh soal ujian dan tes

Untuk sementara contoh soal ujian dan tes akan disertakan pada setiap tipe bank. Hal ini bertujuan untuk mempermudah para pencari kerja dalam mendapatkan contoh soal ujian dan tes yang sesuai dengan tipe bank yang diinginkannya. Sebagai contoh, tipe soal dan tes ujian untuk Bank BRI sangat jauh berbeda dengan soal ujian di bank BCA serta bank-bank lainnya. itulah sebabnya contoh soal dan materi tes tersebut tidak akan disertakan disini namun disertakan dalam halaman khusus pada setiap lowongan kerja di tiap-tiap bank. Jadi bagi yang mencari soal tes dan ujian untuk bank BRI bisa mendapatkannnya di Lowongan kerja Bank BRI. Begitu juga jika anda ingin mendapatkan materi untuk bank yang lain maka anda tinggal mencari lowongan kerja bagi bank yang anda maksud dan materinya akan disertakan di halaman tersebut.

Info Lowongan Kerja Bank

Info untuk setiap lowongan kerja akan dibagi berdasarkan waktu dan jenis bank yang membutuhkan para pekerja. Berikut ini adalah beberapa contohnya:

  1. Lowongan Kerja Bank bulan Januari.
    Loker perbankan yang tersedia bulan Januari akan disampaikan pada kategori ini. Akan ada bagian khusus yang membahas secara spesifik. Contohnya Lowongan Kerja Bank BRI bulan Januari, Lowongan BNI bulan Januari dan lain sebagainya.
  2. Lowongan Kerja Bank bulan Februari.
    Perinciannya hampir sama dengan yang diatas hanya saja bulannya yang berbeda.
  3. Dan seterusnya.

Cara melamar kerja di bank

Cara terbaik untuk melamar kerja di sektor perbankan adalah dengan mendatangi secara langsung kantor cabang bank tersebut yang ada di kota anda. Pada beberapa bank, terdapat formulir yang bisa diisi secara online. Kami menyarankan setiap pencari kerja untuk memilih cara terbaik yang bisa dilakukannya.

Lowongan Kerja Bank Terbaru

Berikut ini adalah beberapa contoh lowongan kerja bank yang ada di beberapa lembaga perbankan seperti: Bank BTPN, Bank BNI, Bank Syariah, Bank Muamalat, Bank permata, Bank Danamon dan Bank Mandiri.