Saturday, 1 November 2014
Informasi Terbaru

Wisata Gua Akbar di Kota Tuban

Terkadang saat menjalani kehidupan ini, rasa jenuh dan bosan bisa saja menghampiri. Sebuah hal baru yang bisa membuat pikiran menjadi kembali segar adalah sebuah hal yang sangat dibutuhkan. Pariwisata adalah jawaban yang logis untuk hal itu. Wisata atau kunjungan ke sebuah tempat yang memiliki daya tarik tertentu akan membuat pikiran kembali fresh. Inilah pentingnya pariwisata bagi setiap insan. Di Kota Tuban, terdapat sebuah tempat wisata yang tentunya sudah tak asing lagi bagi warga sekitar. Tempat wisata ini memiliki berbagai keunggulan yang cukup banyak dibanding tempat wisata lainnya. Ditempat tersebut, wisatawan lokal maupun mancanegara sering menghabiskan waktu untuk sekedar beristirahat, mempelajari hal baru dan mengenang masa lampau. Tempat wisata apakah yang dimaksud? Apa sajakah kelebihan yang dimilikinya sehingga pengunjung merasa senang?

Tempat wisata yang sering membuat warga sekitar serta wisatawan menjadi takjub adalah Gua Akbar. Sebuah situs bersejarah peninggalan masa lalu yang juga menjadi bagian terpenting pada masa kemerdekaan. Tempat ini berlokasi di sebelah timur Pasar Baru Tuban dan agak menyamping kearah utara. Lokasinya yang cukup tersembunyi dan tertutup akibat ramainya pasar membuat lokasi ini agak sulit dikenali dari jauh. Bila ingin menjumpai tempat ini, ada tiga cara yang bisa digunakan. Cara pertama adalah melalui Jalan disebelah timur. Gua Akbar bisa dengan mudah diakses dari sebelah timur menuju kebarat karena lokasinya yang bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Cara yang kedua adalah melalui jalur sebelah barat kearah timur. Cara ini sangat tidak dianjurkan karena lokasi rutenya yang agak jauh serta bisa dipastikan akan terjebak dalam kemacetan akibat ruwetnya jalan. Rute ini melewati pasar sehingga bisa ditebak akan banyak Mobil penumpang serta pejalan kaki yang berlalu lalang. Cara yang terakhir adalah melalui gang kecil yang berada disebelah utara Gua Akbar. Cara ini adalah yang paling efisien. Jika membawa kendaraan pribadi, terdapat parkir ditempat ini yang cukup luas. Selanjutnya wisatawan bisa berjalan kaki beberapa saat ke arah selatan untuk menuju gua Akbar.

Gua Akbar yang merupakan sebuah tempat wisata di Kota Tuban bersejarah atau Wisata History merupakan pariwisata andalan pemerintah kota Tuban untuk saat ini. Telah banyak perbaikan yang dilakukan pemerintah untuk menjaga dan melindungi tempat ini dari kehancuran. Meskipun sangat tua, tempat ini masih berdiri kokoh dengan tegak laksana sebuah istana yang siap menampung setiap pengunjung yang datang. Terdapat lampu penerangan disetiap tempat yang dirasa membutuhkannya. Pengunjung diperbolehkan beraktivitas apapun asalkan tidak merusak sarana dan prasarana yang ada serta diharapakan menjaga kelestarian gua Akbar yang pernah menjadi tempat penting sebagai basis perjuangan melawan penjajahan.

Para sesepuh serta pejuang yang masih hidup sempat mengungkapkan betapa pentingnya Gua Akbar dalam memerangi penjajahan yang berlangsung cukup lama. Ada pula yang menuturkan bila tempat ini dulunya merupakan sebuah pertapaan. Masih banyak pula yang meyakini jika tempat ini merupakan sebuah lokasi spiritual yang cukup luarbiasa. Warga Kota Tuban sendiri menjadikan tempat ini sebagai tempat wisata spiritual yang cukup digemari. Gua Akbar ditemukan Oleh seseorang pada beberap waktu yang tidak terlalu lama. Setelah penemuan tersebut, langkah restorasi dilakukan dengan cepat dan akhirnya jadilah sebuah tempat wisata yang menjadi kebanggan warga Kota Tuban.

Tempat Wisata Gua Akbar di Kota Tuban Ditulis oleh Mochammad Rifai pada tanggal 23 Mei 2012 berisi Tentang pariwisata yang ada di Kota Tuban dan mengupas Segala hal mengenai tempat wisata Gua Akbar yang menjadi kebanggan warga kota Tuban. Rating: 5.0
Wisata Gua Akbar di Kota Tuban memiliki skor 10 dari nilai total 10 berdasarkan pada 14 rating dan 3 review di Editorial.

Berikut ini adalah data mengenai Wisata Gua Akbar yang ada di Kota Tuban:

Tempat Wisata:Gua Akbar
Kelebihan:
  1. Merupakan lokasi bersejarah peninggalan masa lalu.
  2. Lokasi yang asri dan rindang.
  3. Memiliki nilai bersejarah yang tinggi.
  4. Mempunyai daya tarik spiritual.
  5. Lokasi bisa diakses dengan segala alat transportasi.
  6. Panjang dan kedalam Gua masih bisa terus dieksplorasi.
Lokasi:Sebelah Selatan Kota Tuban

Adapun Panjang dan kedalam Gua Akbar masih terus dieksporasi tanpa merusak tempat tersebut. Ada anggapan pada masyarakat jika Gua ini merupakan sebuah tempat yang terhubung dengan banyak gua yang ada di Kota Tuban. Masih diperlukan telaah lebih lanjut serta pembuktian ilmiah mengenai hipotesa tersebut. Semoga tempat wisata dan rekreasi di Kota Tuban menjadi semakin maju dan siap bersaing dengan tempat wisata yang ada di kota lainnya. (Sebuah catatan dan kontribusi dari Mochammad RIfai. Persembahan untuk tempat kelahiran Kota Tuban tercinta).

Penulis: Mochammad Rifai

Mochammad Rifai Adalah seorang blogger yang berasal dari kota Tuban di jawa timur. Cita-citanya untuk memperkenalkan hal-hal menarik yang ada dikota kelahirannya adalah alasan utama terciptanya blog ini.

6 komentar

  1. Lokasi Gua Akbar akan lebih mudah dicari orang luar kota kalau juga disebutkan daerah administratif Dusun/Desa/Kelurahan/Kecamatannya …terima kasih

    • Tulisan anda saya akui sangat tepat. Lokasi yang detail akan membantu setiap orang menemukan letak strategisnya.
      Saya berharap jika ada warga sekitar yang mengetahui nama resmi maupun ‘tidak resmi / nama keren’ dari setiap lokasi yang bersangkutan berkenan menginfformasiknnya. Akan saya cek lagi ke lapangan secara langsung setelah saya sembuh. Terima kasih atas masukkannya mas Topo Solo.

    • Tuban memang mantap mas, cuma pariwisatanya belum di gali scara profesional

      • Dinas Pariwisata Kota Tuban telah mengusahakan untuk membenahi setiap lokasi wisata dan tempat-tempat yang memiliki nilai Rekreasi. Namun, tentu saja masih ada begitu banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan value dan fasilitas yang ada.
        Sebagai seorang warga Kota Tuban, marilah kita menyalurkan aspirasi demi temppat wisata yang lebih baik dan lebih terawat di masa depan. :)

    • Terima kasih atas apresiasinya. :)

Tulis Komentar

Email anda takkan di publikasikan. Kolom bertanda khusus wajib diisi *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>