Wednesday, 23 April 2014
Informasi Terbaru

Tempat Wisata di Kota Tuban

Tempat wisata di kota Tuban merupakan aset yang sangat berharga. Tempat wisata yang ada di kota ini begitu banyak dan beragam. Seperti yang telah diketahui oelh banayak orang, tempat wisata merupakan sebuah hal yang sangat menarik. Ini semua dikarenakan tempat wisata bisa membuat perasaan menjadi riang dan juga mampu menambah luas wawasan. Tempat Wisata di kota tuban ada berbagai macam. Banyaknya jenis wisata yang ada di kota Tuban bisa dikategorikan dalam beberapa jenis. Dibawah ini merupakan kategori wisata yanga da di kota Tuban:

  1. Wisata Religi
  2. Wisata Bahari
  3. Wisata History/ Sejarah
  4. Wisata Edukasi
  5. Wisata Panorama
  6. Wisata Sosial

Dibawah ini akan dijelaskan satu persatu mengenai tempat rekreasi tersebut. Kita mulai dengan penjelasan tentang Wisata religi yang ada di kota Tuban.

Wisata Religi adalah sebuah kunjungan ke sebuah tempat yang memiliki nilai religius. Wisata Religi merupakan jenis wisata yang paling digemari di Kota Tuban. Jenis wisata ini sangat banyak terdapat di Kota Tuban. Mulai dari sebelah timur yang menjadi tempat peristirahatan atau makan asmarqondi hingga ke tengah kota yang merupakan tempat terakhir / makam sunan Bonang yang sangat legendaris diselingi dengan pondok Bawah tanah / Goa Batu dan juga puluhan tempat yang dianggap sakral dan memiliki nilai religius. Kota Tuban terkenal dengan sebutan kota Religi karena warganya yang terkenal religius dan juga dikarenakan banyaknya tempat religius dibanding kota lain. Hal ini wajar mengingat kota tuban merupakan sebuah kota yang telah lama berdiri semenjak jaman kerajaan di masa lalu. Silakan Baca mengenai Sejarah dan arti kata Kota Tuban untuk informasi lebih lanjut.

Jenis wisata yang kedua adalah WIsata bahari. Jenis wisata ini telah lama ada di Tuban namun gaungnya bisa dikatakan hampir hilang ditelan gema kelebihan kota Tuban yang lainnya. Berikut ini penjelasan tentang Wisata Bahari yang ada di kota Tuban.

Wisata Bahari yang ada di kota Tuban bisa dengan mudah kita ketahui dikarenakan tempat wisata ini berada dekat dengan bahari atau laut. Wisata bahari sendiri berarti Jenis wisata yang berhubungan dengan kelautan. Wisata Bahari yang ada di kota Tuban diantaranya adalah tempat Wisata Pantai BOOM atau yang lebih terkenal dengan nama Wisata Pantai Boom Bay atau unik disebut BOOMBAY. Ada juga wisata terminal kota Tuban yang dibuat pada masa pemerintahan bupati Haeny yang menghabiskan dana yang cukup banyak namun tempat tersebut tidak berfungsi sebagaimana yang diharapkan. Tempat ini berada tepat di pinggir pantai serta beberapa bagian berada diatas air laut. Tempat Wisata Bahari yang lain masih dalam tahap perbaikan dan akan segera diketahui publik setelah pihak pemerintah kota serius menanganinya.

Jenis Wisata ketiga yang ada di kota Tuban adalah wisata Historycal atau sejarah. Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Wisata History atau Wisata Sejarah adalah sebuah tempat wisata yang menyajikan banyak hal yang berhubungan dengan suatu peristiwa atau sejarah dimasa lalu. Jenis wisata ini sepertinya tidak banyak diketahui publik dan sering tertinggal dibanding jenis wisata lainnya. Selain karena tempatnya yang dianggap kurang pas juga karena animo warga sepertinya tidak begitu besar pada bidang ini. Salah satu contoh jenis wisata history atau wisata sejarah yang ada di kota Tuban adalah Museum kambang putih. Museum ini terletak di sebelah selatan alun-alun kota tuban namun karena lokasi sekitar yang tidak mendukung seperti terlalu banyaknya tukang becak yang menutupi tempat ini membuat museum ini praktis tidak bisa menjadi sebuah tempat yang bisa dijadikan acuan utama untuk rekreasi sejarah. Ada juga kompleks pejuang yang merupakan sebuah tempat Wisata Sejarah yang sangat penting karena para pejuang ini bisa menggambarkan suasana saat perang. Wisata yang lainnya masih dalam tahap perbaikan.

Wisata Edukasi adalah sebuah wisata yang ada ditempat ke empat dalam daftar acak tempat wisata di kota Tuban. Berikut penjelasan singkatnya:

Wisata Edukasi adalah sebuah wisata yang menitikberatkan pada pendidikan atau untuk menambah wawasan. Ada banyak pilihan wisata edukasi yang ada di kota Tuban. Salah satu diantaranya adalah Perpustakaan Umum yang ada dijantung kota Tuban. Ditempat ini pengunjung bisa mengetahui banyak hal mulai dari sastra hingga teknik mesin dan lain sebagainya. Jenis wisata ini mulai populer karena perpustakaan ini menggunakan sistem Perpustakaan Online yang terhubung dengan jaringan perpustakaan ternama yang ada di dunia maya.

Jenis wisata yang kelima adalah Wisata Panorama. Mari kita simak analisanya berikut ini.

Wisata Panorama adalah sebuah wisata yang bertujuan untuk menikmati keindahan alam. Jenis wisata ini sangat banyak berada di kota Tuban. Diantaranya adalah Wisata Goa Akbar yaitu sebuah tempat yang berada tepat dijantung kota Tuban. Goa Akbar mempunyai nilai religius serta sangat disukai pengunjung. Ada juga Wisata Goa Putri yang berada disebelah barat kota Tuban serta Wisata Goa ngerong yang berada di sebelah selatan kota Tuban atau tepatnya di desa Rengel. WIsata Air Terjun Nglirip merupakan tempat legendaris yang ada disebelah barat kota Tuban. Puluhan tempat wisata lainnya juga sangat menarik namun masih dalam tahap pengembangan.

Jenis Wisata terakhir yang ada di kota Tuban adalah wisata Sosial. Mungkin beberapa dari pengunjung belum pernah mendengarnya. Jenis wisata ini masih sulit dijumpai dan tak banyak diketahu banyak pihak. Wisata jenis ini masih belum begitu dikembangkan oleh pihak terkait meski potensinya sangat besar. Penasaran dengan jenis wisata ini? mari kita simak ulasannya berikut ini:

WIsata Sosial yang ada di kota Tuban sangatlah sulit untuk dijumpai. Jenis wisata ini hampir tak diketahui oleh umum. Eksistensinya juga sangatlah sulit untuk tetap dipertahankan. Wisata jenis ini sangat bergantung pada individu yang ada dilokasi tersebut. Jenis wisata sosial ini belum terlalu diperkenalkan oleh dinas pariwisata kota Tuban namun semua pihak diharapkan mengetahui pentingnya jenis wisata ini. Wisata sosial yang ada di kota Tuban salah satunya adalah WIsata Surga Batik Gedok atau sering dikenal sebagai Wisata desa Batik Gedok. Kota Tuban yang juga dikenal sebagai kota penghasil batik semestinya bisa membuat semacam desa batik menjadi tempat tujuan wisata karena wisatawan lokal maupun non lokal sangat menyukainya. Ada juga potensi Wisata Desa Wayang/ Wisata Desa Tayub yang semakin memudar popularitasnya. WIsata Sosial adalah sebuah tempat yang menyajikan interaksi sosial atau keunikan sosial yang ada di sebuah tempat.

Tempat Wisata di kota Tuban yang begitu banyak dan beragam pada dasarnya masih menunggu improvisasi dari pemerintah setempat. Ada beberapa tempat wisata yang telah hilang dan rusak. Hal ini sangat disayangkan karena tempat wisata tersebut memiliki nilai sejarah dan edukasi yang sangat tinggi. Satu diantarnya adalah Tempat WIsata Joko Tarub yang menggambarkan tentang tujuh bidadari yang mandi di bumi dan kahyangan. Di tempat tersebut terdapat sebuah batu yang diyakini menjadi jejak kaki Nawang Wulan, seorang dari tujuh bidadari sewaktu hendak kembali ke kahyangan. Pihak terkait seharusnya bisa mempertahankan keberadaan tempat wisata tersebut karena memang sudah menjadi tanggung jawabnya untuk merawat tempat wisata tersebut. Bila pihak terkait tidak bisa menjalankan tugasnya maka ingatlah akan sebuah nasihat seorang bijak. “Dikala amanah tidak kau jalankan dengan baik, maka ingatlah akan ada suatu saat dimana engkau akan dimintai pertanggung-jawaban atas apa yang telah diamanahkan padamu serta apa yang telah kaulakukan”. Beberapa Tempat wisata yang kondisinya memprihatinkan juga wajib untuk diperhatikan agar tidak hancur seperti yang telah rusak atau hilang. Anak cucu kita mungkin tak akan bisa melihat apa yang saat ini bisa kita saksikan jika kita tidak menjaganya dari sekarang. Marilah kita jaga tempat wisata yang ada di kota Tuban. Enam jenis wisata yang ada di kota Tuban diatas ditulis secara pribadi oleh Mochammad Rifai sehingga apabila informasi diatas dianggap berguna bisa mengcopy-nya namun jangan lupa menyertakan link atau sumber tulisan tersebut. Saran dan koreksi sangat diharapkan.

Profil Mochammad Rifai

Mochammad Rifai Adalah seorang blogger yang berasal dari kota Tuban di jawa timur. Cita-citanya untuk memperkenalkan hal-hal menarik yang ada dikota kelahirannya adalah alasan utama terciptanya blog ini.

9 Komentar

  1. km 30 dr tuban arah ke bojonegoro ada waduk ngerong pekuwon, wisata alam pegunungan. Udara masih bersih, ada trek MTB dan motocross.
    mw2.google.com/mw-panoramio/photos/small/84382612.jpg

  2. nglirip itu kalau di bagian samping bukit di bikin kolam renang dan pemandian kaya water boom di jamin rame bro

    • Nglirip memiliki segudang potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan nilai wisata dan pendapatan warga lokal. Membangun Kolam renang dan pemandian adalah ide yang sangat bagus mengingat relevansi dan potensi air terjun yang ada. hal tersebut telah lama menjadi ide yang siap untuk dijalankan. Hanya saja ada beberapa kendala seperti nilai religius dan budaya pada air terjun tersebut yang membuatnya tidak mudah untuk diubah. Adapun tekstur Nglirip yang memiliki beragam lekukan kemungkinan akan membutuhkan cukup banyak resources.

      Saran yang ada cukup bagus dan tentu saja pada akhirnya hal itu akan membuat Nglirip menjadi lebih baik lagi. Semoga realisasinya bisa lebih cepat dari apa yang mungkin telah direncanakan.

  3. Terimakasih mas fai , info anda cukup mantap akurat

  4. Gan, ada gak tempat wisata yang romantis dikota Tuban?

Tinggalkan Pesan

Email anda takkan dipublikasikan. Kolom bertanda khusus wajib diisi *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>