TEMPAT WISATA DAN REKREASI DI KOTA TUBAN

Tempat Wisata atau yang juga lazim dikenal sebagai Tempat Rekreasi merupakan sebuah lokasi yang memiliki daya tarik tersendiri. Tempat Wisata dan Juga tempat rekresi tersebut pada uimumnya memiliki ciri khas yang membedakannya dari tempat lain. Setiap ciri khas tersebut menjadi sebuah hal unik yang membuat tempat wisata dan tempat rekreasi tersebut menjadi semakin terkenal. Bila ciri khas tersebut menghilang atau pudar, bisa dengan mudah diketahui apa yang selanjutnya akan terjadi yaitu menurunnya popularitas tempat tersebut. Inilah yang menjadi sebuah hal yang mudah untuk dipahami. Tempat wisata ataupun tempat rekreasi merupakan aset yang bisa untuk digunakan membangun negeri dan mensejahterakan orang banyak.

Tempat-Tempat Wisata dan Rekreasi yang ada di Kota Tuban ada beberapa macam. Sangat penting untuk mengetahui setiap jenisnya. Untuk mengetahui hal itu, silahkan baca Tempat Wisata di Kota Tuban yang memberikan informasi lengkap tentang jenis pariwisata yang umumnya ada di Kota Tuban beserta jenis atau tipe wisata yang ada. Banyaknya tempat wisata di Kota Tuban tidak menjadikan Kota Tuban terkenal dengan pariwisatanya. Setidaknya Kota Tuban masih tertinggal cukup jauh dari tetangga sebelahnya yaitu Kota Lamongan yang telah sukses mengembangkan tempat rekreasi WBL (Wisata Bahari lamongan). Meski begitu, sebagai warga Kota Tuban, saya merasa tergugah untuk mengenalkan setiap jenis dan juga tempat wisata yang ada di Kota Tuban. Siapa tahu dalam beberapa tahun nanti wisata tersebut akan hilang atau tak tersisa lagi.

Inilah beberapa tempat wisata dan rekreasi yang ada di Kota Tuban. Tempat pariwisata yang ditulis disini hany sebagian kecil yang mungkin kurang diketahui masyarakat. Yang Pertama adalah Taman Rekreasi Joko Tarub. Tempat ini berlokasi di wilayah desa Sumberagung Kecamatan Plumpang. Dengan jarak sekitar kurang lebih seratus meter dari jalan raya, Taman Wisata Joko Tarub merupakan sebuah tempat wisata dan rekreasi yang bisa dengan mudah dijumpai oleh setiap warga masyarakat yang menginginkan suasan pegunungan yang asri. Di tempat ini konon terdapat jejak kaki seorang bidadari dikala hendak kembali ke Kahyangan. Joko Tarub sendiri adalah seorang legenda yang cukup dikenal. Di taman ini, terdapat ular yang sangat besar, beberapa ekor kijang dan merak serta binatang-binatang lainnya. Tempat ini menjadi lokasi yang sangat terkenal pada tahun 1999. Dengan fasilitas tempat parkir yang luas serta lokasi yang asri, pengunjung akan sangat betah berada di dalamnya. Lokasinya yang sangat luas serta memiliki ribuan pepohonan membuat tempat ini layak disebut hutan kecil. Bahkan terdapat pohon yang diperkirakan berusia sangat tua berada ditempat ini.

Tempat wisata dan Rekreasi yang ada di Kota Tuban pada urutan kedua adalah Goa Ngerong. Lokasinya yang berada tepat pinggir jalan raya membuat tempat ini sangat mudah untuk diketahui. Lokasi tempat rekreasi ini tidaklah luas namun bisa menampung para pengunjung yang datang. ketiadaan tempat parkir tersendiri membuat lokasi ini kesulitan menampung pengunjung dalam jumlah besar. Meski begitu, tempat ini memiliki daya tarik yang luarbiasa bagi setiap pengunjung. Adalah sebuah goa yang ada ditempat ini yang dihuni oleh Kura-kura yang berusia cukup tua. Adapun goa tersebut diperkirakan memiliki panjang yang sangat luarbiasa. Beberapa ekspedisi telah dilakukan selama beberapa kali dan menunjukkan goa ini terhubung dengan rangkain beberapa goa lainnya di Kota Tuban.

Dua Tempat rekreasi diatas adalah beberapa tempat yang cukup diketahui oleh penulis untuk saat ini. Adapun tempat rekreasi lainnya masih belum diketahui secara pasti karena kurangnya informasi yang ada. Sangat diharapkan pihak pariwisata menjembatani hal ini. Akan sangat baik jika pihak pariwisata Kota Tuban memeberikan undangan khusus dan mengajak para penggiat tempat wisata di Tuban untuk melihat setiap tempat rekreasi yang menjadi andalan di Kota ini. Dengan melakukan hal itu, secara tidak langsung, akan banyak publik yang tahu tentang setiap tempat rekreasi dan wisata yang ada di Kota Tuban melalui tulisan para blogger Tuban yang kreatif. Semoga di lain waktu akan bisa disambung lagi tentang tempat rekreasi lainnya yang ada di Kota Tuban.

Taman Wisata Joko Tarub

Adalah sebuah taman Wisata yang terletak di dusun Morosemo desa Sumberagung kecamatan Plumpang kabupaten Tuban. Tempat wisata ini dahulunya merupakan salah satu tujuan tempat wisata para pelancong dari seluruh penjuru negeri. Tempat wisata ini berkaitan erat dengan cerita Joko Tarub dan para 7 Bidadari dari kahyangan. Salah seorang bidadari yang bernama Nawang Wulan pada akhirnya menikah dengan Joko Tarub. Di tempat wisata ini terdapat sebuah jejak kaki pada batu besar yang diyakini merupakan pijakan kaki para bidadari sebelum terbang ke kahyangan. Pada masa kejayaannya, berbagai pertunjukkan musik pernah digelar di tempat ini. Dengan adanya lapangan yang cukup luas di bagian depan, tempat ini selalu menjadi destinasi jambore tingkat Kabupaten maupun Provinsi. Kini setelah beberapa tahun berlalu, tempat ini sudah bisa dikatakan hilang dari daftar tempat wisata andalan Kota Tuban dan hanya tinggal puing-puing yang menjadi saksi betapa tempat ini pernah menjadi andalan pendapatan daerah di masa lampau. Sungguh ironis memang.
beberapa keunikan tempat wisata ini:

  1. Asri. Terdapat tempat bersantai yang sangat nyaman dan udaranya cukup sejuk.
  2. Pemandangannya indah. Terdapat sungai kecil dan juga aneka tumbuhan yang menarik.
  3. Sudah dikenal hingga tingkat Nasional. Kisah Joko Tarub sudah menjadi aset budaya nasional.
  4. Terdapat pohon yang sangat tua dan langka.
  5. Terdapat kebun Binatang. Pengunjung yang masuk akan langsung disuguhi berbagai jenis binatang.
  6. Terdapat koleksi binatang yang bagus dan langka. Merak dan Cendrawasih merupakan binatang favorit.
  7. Memiliki ruang yang cukup luas untuk para pengunjung dan sarana atau prasarana baru.

Keterangan: Tempat ini sudah tidak ada lagi sejak tahun 2003 danΒ pada beberapa lokasi telah berubah menjadi lahan persawahan.

Pada dasarnya, tempat ini membutuhkan kepedulian dari pihak terkait agar bisa kembali menjadi tempat wisata yang dicintai masyarakat seperti dulu lagi.

Goa Ngerong

Gua ini terletak di wilayah kecamatan Rengel kabupaten Tuban. Lokasinya tepat terletak di sebelah timur Pasar Rengel. Keberadaannya yang cukup terjepit di antara ramainya jalan raya membuat tempat ini tidak memiliki cukup ruang untuk tempat parkir para pengunjung. Berikut keunikan tempat ini:

  1. Air dari gua membentuk aliran sungai
  2. Ikan di gua ini sangat melimpah
  3. Relief gua sangat indah
  4. Terdapat penyu yang sangat disukai para pengunjung
  5. Merupakan gua bersejarah dan sangat panjang

Tempat wisata ini sudah ada sejak dulu dan telah menjadi destinasi penelitian berbagai pihak. Adapun tempat wisata ini sepertinya belum banyak mengalami perubahan sejak beberapa waktu yang lampau.

Label

Moch Rifai

Moch Rifai adalah seorang blogger yang berasal dari kota Tuban Jawa Timur. Cita-citanya untuk memperkenalkan hal-hal menarik yang ada di kota kelahirannya adalah alasan utama terciptanya blog ini.

30 thoughts on “TEMPAT WISATA DAN REKREASI DI KOTA TUBAN”

  1. Topo Solo

    Mengapa tidak ditampilkan Wisata Religi atau situs2 sejarah kota Tuban yang memungkinkan kami mengunjunginya

    1. Mohon ma’af atas kekurangan yang ada, Pengetahuan saya kan hal tersebut masih sedikit namun akan saya usahakan untuk menambah tulisan tentang hal itu agar nantinya setiap jenis rekreasi bisa diketahui oleh setiap pembaca.

  2. reedyanie

    Wow ,pengen deh mengunjungi taman wisata joko tarub ,apalagi aku warga baru kecamatan plumpangΒ 

    1. Silahkan mengunjungi Wilayah Joko Tarub yang saat ini mungkin masih ‘bisa’ dikunjungi. Peandangan yang hijau dan asri akan menyapa anda saat pertama kali memasukinya. Bersanti bersama keluarga di tempat ini bisa menjadi hal yang menyenangkan saat pagi atau sore hari. Saat malam menjelang, Bintang yang bersinar dilangit tampak lebih terang. Namun sayangnya ketiadaan lampu penerangan membuat tempat ini tidak bisa dikunjungi oleh setiap orang saat malam menjelang.
      Welcome to Joko Tarub. πŸ™‚

  3. Ngasimin

    Saya siap bagi pengetahuan untuk Wilayah Tuban. karena saya sangat mengharapkan Tuban harus punya permainan wisata Water Park. karena saat ini banyak kalangan kabupaten ( PEMKAB ) PUNYA Fasilitas Water park. apa lagi saya juga orang Tuban, Tapi tempat tinggal di Gresik. kebetulan bidang saya juga tentang water park

    1. Nantinya saat Pemkab dan segenap jajaran pemerintah memandang perlu adanya waterpark di Kota Tuban, Anda bisa menyumbangkan keahlian anda. Adapun ide dan harapan anda saya rasa sangat bagus untuk kemajuan Kota Tuban baik secara ekonomi maupun estetika dan juga pengembangan resources yang ada.

  4. yanto

    maaf gan,Makam Ronggolawe di kota Tuban sebelah mana ya?

    1. Makam Ronggolawe terletak di gang Ronggolawe yang terletak di sebelah barat makam Sunan Bonang. Adapun makam Sunan Bonang terletak di seblah barat berdekatan dengan Alun-ALun Kota Tuban.

  5. Wisata Bali

    mungkin bisa di beritahukan letak-letak tempat wisatanya dan mungkin juga bisa di berikan beberapa foto dari sana agar membuat orang lebih tertarik pergi ke tempat tersebut.
    Terima kasih atas infonya. πŸ˜€

    Admin wisatabaliyuk.com

    1. Sebuah masukan yang cukup bagus. Hal ini sedang dipertimbangkan. Gambar-gambar tempat wisata yang dulunya ada siartikel ini sedang di edit karena akan dibuatkan galeri khusus untuk itu. πŸ™‚
      Blog anda sangat menarik. Saya terkesan dengan tampilannnya yang elegan.

  6. rose

    Saya bangga sama mas rifai yang begitu peduli dengan tuban

    1. Kepedulian saya berawal dari banyaknya hal yang mungkin bisa dilakukan untuk membantu kota tercinta ini. Sejak dulu hingga kini, Kota Tuban selalu mendapat tempat spesial di hati. πŸ™‚

  7. rose

    mas rifai pantese dinas pariwisata tuban

    1. Masih banyak sekali talenta yang lebih baik dari seorang blogger kecil nan sederhana seperti saya. Menjadi apapun tidaklah begitu penting untuk saya. Yang terpenting fokus pada aktivitas yang ada dan selalu bersemangat dalam menjalaninya.

      1. hashim

        Saya dari malaysia,tanggal 10 june yg lalu saya melawati kota tuban selama 15 hari. Saya tinggal di desa leran wetan, Palang. hadiri purna siswa SDN leranwetan. Saya kunjungi tempat 2 bersejarah di kota tuban. Makanan agak bagus, pantai Bom amat menarik cuma kebersihan kurang diberi keutamaan. Sampah amat ketara sekali di tepi pantainya. Sumur air tawarnya kurang diurus dgn baik. jika dibandingkan dari kebersihan, kota tuban agak ketinggalan di belakang kota Ngawi. Menurut saya Ngawi lebih teratur sistem angkutan dan lalu lintas nya. Mungkin sekali lagi saya akan berkunjung ke kota tubwn dalam masa terdekat ini untuk urusan anak sekolah yg belajar di pondok sunan drajat,paciran.

        1. Selamat datang ke Kota Tuban. Opini anda sangat berguna untuk pembangunan kota tercinta ini. Semoga Putra/putri anda dapat menamatkan pendidikan dengan hasil sebaik mungkin. Amin. πŸ™‚

  8. Rose

    Mudah-mudahan mas Rifai bisa terus menyajikan wisata kaliber tuban. πŸ™‚

    1. Akan terus di usahakan.

  9. Rose

    Mas fai. Koq wisata nglirip gak di up-date padahal termasuk andalan tuban dan sudah dikenal di mana-mana.

    1. Karena keterbatasan waktu serta referensi maka beberapa informasi masih belum bisa diupdate. Namun jika di masa mendatang ada waktu luang, beberapa artikel yang membutuhkan update akan segera di perbaharui. Sementara itu, akan sangat membantu jika segenap pembaca berkenan berbagi cerita maupun informasi dengan admin TUBANCITY.COM πŸ™‚

  10. inda

    lg nyari tempat wisata di tuban lha kok nemu gambarmu mas brow..salut buat cita2nya

    1. Trims sampun berkenan mampir di blog sederhana ini. πŸ™‚
      Sepertinya sampun lama tak jumpa (sejak selepas SMA sekitar tahun 2005). Semoga Miss Inda sekeluarga selalu berbahagia. Amin.

  11. Sutan Wardhana

    Boleh saya dikirim referensi segala macam tempat rekreasi yg ada di Tuban beserta hotel yg berada di Tuban melalui alamat email saya Bro ?

    1. Semua tempat rekreasi yang ada di Kota Tuban akan di muat di blog ini. Beberapa tempat wisata yang belum dibahas akan sesegera mungkin di publikasikan. Anda bisa mendaptkan informasinya secara langsung di blog ini. πŸ™‚

  12. panca

    kalau pengen menikmati suasana pegunungan di tuban, enaknya pergi kemana ya mas?

    1. jika ingin menikmati suasana pegunungan yang landai sambil merasakan sejuknya udara yang berhembus diantara dedaunan, silahkan menyusuri wilayah barat Kota Tuban. Dimulai dari jalur Air Terjun Nglirip hingga ke ujung wilayah Montong, terdapat suasana yang mungkin anda inginkan.
      Namun, apabila anda hanya ingin menikmati sunyi-nya pegunungan sambil menyaksikan indahnya wilayah Tuban, anda bisa memulai perjalanan dari sebelah selatan Kota Tuban, tepatnya di wilayah Kecamatan Grabagan.
      Selamat bertualang. πŸ™‚

  13. oktia sulistyorini

    Mas Rifai saya mau menginformasikan di daerah rumah saya Wisata Pasir Putih Remen di kecamatan Jenu itu bagus banget . Sayangnya masih belum ada tempat sampahnya. Meski begitu suasananya masih sangat asli.

    1. Terima kasi atas infonya. Dengan senang hati nanti saya akan berkunjung ke tempat tersebut sambil mengabadikan keindahannya. Saat ini masih menunggu waktu yang tepat untuk merealisasikannya.

  14. chaila

    Mas kenapa oro oro dakon tidak menjadi tempat wisata saja

    1. Terima kasih atas informasinya.
      Sebenarnya telah ada beberapa pembaca yang menginginkan agar Oro Oro Dakon disertakan sebagai salah satu wilayah Wisata di Kota Tuban. Saat ini kami sedang melihat potensi apa saja yang ada di Oro Oro Dakon dan memetakan proyeksi perkembangannnya di masa mendatang. Data tersebut nantinya akan diserahkan pada pihak terkait dalam bentuk rekomendasi secara tertulis sehingga bisa digunakan sebagai pijakan awal untuk membuat keputusan pengembangan wilayah tersebut.
      Meski begitu, kami bisa memahami jika wilayah tersebut memiliki pemandangan yang cukup spektakuler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *