Paling Populer

Sejarah dan arti kata Kota Tuban

Sebuah sejarah adalah hal yang penting untuk mengingatkan tentang apa yang telah terjadi. Terkadang sejarah menjadi teramat penting untuk menentukan asal-usul sebuah hal. Sejarah selalu memuat banyak hal untuk dipelajari dan ditelaah. Seperti halnya sebuah cerita, sejarah terkadang ada yang nyata dan sebagian merupakan sekedar cerita yang harus dibuktikan kebenarannya. Fakta adalah hal yang mungkin ada pada sebuah cerita. Sejarah tak sedikit yang berisi fakta. Sebagian ahli menyebutnya fakta sejarah. Adapula sejarah yang diciptakan untuk tujuan tertentu. Ini dinamakan sejarah yang masih perlu di analisa kebenarannya. Mempelajari sejarah sebuah hal akan membuka cakrawala baru. Dengan mempelajarinya, bisa dipastikan akan ada pengetahuan baru yang menyangkut kejadian di masa lalu. Sejarah adalah catatan kejadian di masa lalu. Banyak hal memiliki nilai sejarah yang berbeda.

Tuban juga mempunyai sejarah klasik terkait penamaannya tersebut. Arti kata tersebut berasal dari bahasa jawa yang berarti “keluar airnya”. Tuban adalah gabungan dari kata “meTU BANyune”. Orang Jawa sering membuat dua kalimat atau lebih menjadi lebih pendek. Pada dua kata sebelumnya, orang Jawa memadukan dua kata tersebut menjadi sebuah kata. Dua kata “meTU BANyune” disingkat menjadi satu kata yaitu “Tuban”. Hal ini memiliki sejarah tersendiri. Orang jawa memang menyukai hal-hal yang singkat dan mudah dalam menyebut sesuatu. Mereka tidak menyukai kata-kata yang ruwet atau panjang. Banyak kata disingkat menjadi satu kata dengan tujuan untuk mempermudah pengucapannya. Tak hanya kata Tuban saja, banyak kata lainnya juga diperpendek. Hal ini tentu saja sangat baik mengingat satu kata lebih mudah diucapkan dan diingat daripada kata yang lebih panjang.

Setelah mengetahui arti kata Tuban, selanjutnya kita akan mempelajari mengapa orang jawa menyebut kata tersebut. Hal ini dipercaya terjadi di masa lampau. banyak orang percaya kejadiannya terjadi pada masa Majapahit. Karena tidak ada dokumen atau prasasti resmi tentang hal itu, yang akan dibahas disini adalah mengapa orang jawa mulai menyebut kata Tuban. Pada jaman itu (masa kerajaan Majapahit), terdapat sebuah tempat yang masih berupa hutan lebat dan belum begitu dikenal masyarakat. Sebuah sejarah menyebut bahwa tempat ini awalnya adalah sebuah belantara yang disulap menjadi tempat hunian. Orang yang pertama kali membuka hutan dan menemukan tempat ini sangat heran dengan adanya begitu banyak sumber air. Tak hanya sumber air yang melimpah ruah, ditempat ini banyak ditemukan tempat-tempat yang mengeluarkan sumber air baik itu yang besar maupun yang kecil. Di berbagai tempat, air memancar begitu deras tanpa perlu menggalinya. Kenyataan ini membuat sang penemu tempat ini terperangah dan kemudian menamainya Tuban yang berarti “Keluar Airnya” atau dalam bahasa jawa “meTU BANyune”.

Kata Tuban berarti sebuah Kota. Sejak awal munculnya kata ini, banyak orang yang tidak menyangka tentang arti dari kata tersebut. Yang diketahui oleh warga umum, kata ini hanyalah berarti sebuah kota. Kota Tuban sendiri merupakan sebuah kota yang sangat tua dibandingkan kota lainnya. Kota ini memiliki banyak karakteristik unik. Selain memiliki begitu banyak sumber air, banyak Goa ditemukan ditempat ini. Banyak sejarah mengungkapkan betapa seringnya gua-gua ini menjadi tempat pertapaan serta sebagai tempat perjuangan di masa lalu. Mungkin karena struktur kota ini yang berasal dari bebatuan, banyak mata air tanah yang tersimpan dan pada akhirnya menjadikan tempat ini penuh dengan sumber air yang melimpah.

Kota Tuban pernah menjadi kota Adipura. Hal ini diraih dengan penuh perjuangan. Dimasa lalu, kota ini menjadi wilayah yang sangat ramai sebagai pelabuhan dan juga persinggahan banyak budaya. Karena lokasinya yang dekat dengan pantai, tempat ini menjadi sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi. Banyak kapal dan perahu berlabuh disini. Pertumbuhan ekonomi dimasa lalu sangat luar biasa. Tak hanya itu, kebudayaan kota ini juga sangat unik dan beragam. Hal ini menjadi mungkin berkat banyaknya tipe masyarakat yang mengunjungi tempat ini.

Tuban memiliki banyak arti namun secara umum kata ini memiliki arti sebuah kota. Sejarah kota Tuban berarti mata air yang muncul tanpa perlu menggalinya. Orang yang pertama kali menemukan tempat ini menamainya dengan kata tersebut karena takjub akan keunikannya. Sebagai sebuah kota yang dipenuhi mata air, Kota ini menjadi wilayah yang cukup makmur. Karena lokasinya yang juga dekat dengan laut, tempat ini menjadi persinggahan yang cukup ramai dimasa lalu. Kontur wilayah perbukitan menyebabkan wilayah ini disebut sebagai kota seribu Goa. Kota Tuban adalah sebuah tempat di Jawa Timur yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi.

Tentang Moch Rifai

Moch Rifai adalah seorang blogger yang berasal dari kota Tuban Jawa Timur. Cita-citanya untuk memperkenalkan hal-hal menarik yang ada di kota kelahirannya adalah alasan utama terciptanya blog ini.

Baca juga

Alun-ALun Kabupaten Kota Tuban

Pengertian dari kata “TUBAN”

Cukup banyak hasil yang akan ditemukan saat kita mencari kata “Tuban” di internet. Namun tak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *