Wednesday, 3 September 2014
Informasi Terbaru

Peta (gambaran) Kota TUBAN di Jawa Timur

Kota TUBAN terletak di wilayah Jawa Timur Indonesia. Lokasinya bersebelahan dengan Kabupaten Bojonegoro dan Lamongan. Letaknya yang strategis diantara daratan dan lautan membuat tempat ini kaya akan sumber daya alam. Di perairan bisa dijumpai berbagai sumber pangan yang tak pernah ada habisnya. Beragam ikan seperti cumi-cumi, kuda laut dan gurita serta ribuan spesies lain mendiami wilayah perairan kota TUBAN. Ribuan nelayan menggantungkan hidupnya dari perairan namun hasil laut kota TUBAN terus melimpah. Batu dan terumbu karang yang berada di wilayah TUBAN juga masih tersisa dengan kondisi cukup baik bagi ekosistem yang ada. Dikemudian hari, budidaya rumput laut dipastikan akan semakin meningkatkan taraf hidup para nelayan.

Di daratan yang terletak diwilayah bagian selatan, Berbagai gunung menyelimuti wilayah TUBAN. Beberapa diantaranya diperkirakan masih aktif. Pegunungan ini sangat berguna dalam menyediakan sumber air bagi kelangsungan makhluk hidup yang ada. Pegunungan yang ada di TUBAN saat ini dimanfaatkan untuk eksplorasi bebatuan. Meski dikhawatirkan kerusakan lingkungan akan terjadi dalam kurun beberapa dekade ke depan, eksplorasi tetap dilakukan. Hanya masalah waktu yang akan membuktikan apakah eksplorasi sumber daya di TUBAN berdampak negatif atau positif bagi masa depan.

Pertanian berkembang dengan cukup baik. Kondisi alam yang luar biasa subur membuat wilayah TUBAN termasuk daerah pertanian yang produktif. Sebagian wilayah TUBAN mendapat pengairan alami dari mata air yang ada cukup banyak di wilayah ini. Petani sangat tertolong dengan hal ini. Kondisi petani yang dirasa kurang begitu baik sebenarnya bukan karena kondisi alamnya melainkan kebijakan ekonomi yang belum begitu berpihak pada petani. Meski begitu, para petani di TUBAN terbukti bisa bertahan dalam segala kondisi.

Di bagian barat wilayah TUBAN, area pegunungan meliputi tempat ini. Sinyal elektronik dan transmisi data sangat sulit menjangkau wilayah ini karena lokasinya yang berada didataran tinggi serta terhalang banyaknya perbukitan. Meski begitu, area ini menyimpan begitu banyak sumber daya alam yang menanti untuk di olah dengan baik. Area pariwisata yang cukup terkenal disini adalah air terjun NGLIRIP. Sebuah tempat yang eksotis pada beberap waktu tertentu.

Diwilayah Jawa Timur, Kota TUBAN memiliki kontribusi tersendiri. Selain dikategorikan sebagai kota yang sangat tua, Wilayah TUBAN sangat diminati para investor karena lokasinya yang berdekatan dengan laut yang memudahkan transportasi melalui perairan antar negara bahkan antar benua. Disamping itu, Sumber daya yang ada diperkirakan akan semakin banyak ditemukan mengingat topografi kota TUBAN yang sangat memungkinkan adanya Sumber daya alam yang melimpah ruah.

Semua area di TUBAN memiliki potensi yang cukup besar untuk dikembangkan. Hal ini mengingat begitu melimpahnya sumber daya alam yang ada. Namun begitu, pemanfaatan sumber daya yang tidak tepat dipastikan akan memberikan dampak negatif di masa mendatang. Dengan adanya teknologi dan kebijakan yang tepat guna, masyarakat di TUBAN akan menjadi makmur dan sentosa.

Kota TUBAN terletak di wilayah Jawa Timur Indonesia. Lokasinya bersebelahan dengan Kabupaten Bojonegoro dan Lamongan. Letaknya yang strategis diantara daratan dan lautan membuat tempat ini kaya akan sumber daya alam. Di perairan bisa dijumpai berbagai sumber pangan yang tak pernah ada habisnya. Beragam ikan seperti cumi-cumi, kuda laut dan gurita serta ribuan spesies lain mendiami ...

Review Overview

Kota Tuban terletak di pingi laut (sebelah utara)
Disebelah selatan berbatasan dengan Pegunungan (Bojonegoro)
Berbatasan dengan Kota Lmongan di sebelah timur
Berbatasan dengan Propinsi Jawa Tengah di sebelah Barat

Gambaran Kota Tuban

Summary : Gambaran dan posisi Kabupaten Kota Tuban di Jawa Timur secara lengkap.

User Rating: 4.03 ( 3 votes)
88

Penulis: Mochammad Rifai

Mochammad Rifai Adalah seorang blogger yang berasal dari kota Tuban di jawa timur. Cita-citanya untuk memperkenalkan hal-hal menarik yang ada dikota kelahirannya adalah alasan utama terciptanya blog ini.

18 komentar

  1. jadikan kota tuban kota yang bersahaja bagi masyarakatnya,, jangan sampai kemajuan zaman justru membingungkan masyarakat kelas menengah kebawah,,

    • Masyarakat kelas menengah kebawah sangatlah penting bagi Kota Tuban. Data statistik Ekonomi dan kependudukan menunjukkan peran penting serta tantangan yang dihadapi masyarakat menengah Kebawah. Pesan anda akan kami sampaikan.

  2. andi z makkuranggong

    mohon alamat lengkap cak moh rifai, mau silahturahim. trms

    • Informasi dan Alamat Lengkap Silahkan Merujuk di halaman ‘Hubungi Kami (Kontak Info)’ dan juga ‘About Me’ yang ada pada menu paling atas sebelah kiri di blog ini.
      Adapun penulis untuk saat ini (ketika komentar ini ditulis) masih bermukim di Jalan Raya pertigaan Pakah (Belakang Warung Bakso).
      Silaturahim merupakan hal yang sangat dianjurkan bagi setiap orang. Sebagai penulis,saya sangat menghargainya. Terima kasih untuk komentar anda.

  3. Aku sudah terlalu lama di luar tuban jadi lupa seluk beluk kotaku itu. tolong di perjelas lagi ya. ? Terima kasih

    • Informasi yang Anda harapkan seyogyanya akan dimuat pada blog ini dalam beberapa pekan kedepan (Jika kondisi memungkinkan). Adapun Setiap pembaca seperti mas Gilang (Aditya) selalu membuat setiap penulis untuk semakin aktif menulis informasi seputar wilayah tempat tinggalnya. :-)

  4. Artikel lan tulisane sae sanget

  5. tri windiyasari

    amin. semoga saja

    • Kota Tuban memiliki beragam potensi yang sangat membanggakan. Di kemudian hari, Kota tercinta ini pasti bisa berdiri dengan tegap dan gagah bersama ribuan kota lainnya di Indonesia. Kota Tuban pasti Bisa.

  6. Thanks atas infonya tentang tuban akang. Jadi kangen kota tuban.

    • Welcome Back mas Sugeng. Kota Tuban akan selalu menanti setiap warga-nya untuk kembali menginjakkan kaki di bumi ronggolawe tercinta. Pintu Kota Tuban terbuka lebar untuk seluruh warga Negara Indonesia pada khusunya.

  7. Kami butuh peta kountur kota Tuban kang…???

    • Untuk Peta topografi kota Tuban bisa dilihat secara langsung di Balai Kota Tuban atau bisa memanfaatkan Google Earth. Dikarenakan cepatnya pertumbauhan Kota Tuban dan adanya perbedaan yang mencolok pada topografi di masa lalu dan saat ini, Google Earth sepertinya bisa menjadi pilihan yang lebih baik. :)

  8. Makasih infonya mas, dari wong Soko Tuban. Salam Kenal.

  9. Saya asli jatirogo tapi sudah lama transmigrasi di tanah laut Kalimantan Selatan. Saya tertatrik tulisan pean kalau ke Jawa mau berkunjung.

    • Selaku Admin TubanCity.com sekaligus warga Tuban Saya mengucapkan selamat berjuang di bumi Kalimantan Selatan. Semoga tercapai semua yang diharapkan. Semoga anda sekeluarga tetap ingat dengan bumi Ronggolawe. :)
      Pintu Kota Tuban selalu terbuka bagi siapapun khususnya warga asli Kota Tuban.

      Arick

Tulis Komentar

Email anda takkan di publikasikan. Kolom bertanda khusus wajib diisi *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>