Wisata Bahari dan Pariwisata Pantai di Tuban

Sebagai sebuah kota yang berbatasan secara langsung dengan lautan, Tuban memiliki segudang potensi untuk menjadi tujuan wisata bahari bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Pada kesempatan kali ini, admin TubanCity.com akan memberikan sedikit penjelasan mengenai Wisata Pantai dan Pariwisata Laut yang ada di Kota Tuban.

Wisata pantai

Untuk lebih mengetahui tentang wisata pantai yang ada di Tuban, ada baiknya kita mengenal lebih dulu mengenai pengertian dan ciri khas wisata pantai. Secara sederhana, Wisata pantai diartikan sebagai sebuah kegiatan untuk menghabiskan waktu di pantai. Jika ditinjau dari aspek sosial dan etimologi, Wisata Pantai berarti sebuah kegiatan yang dilakukan secara sendiri atau bersama-sama untuk beraktivitas sekaligus menikmati indahnya suasana di sekitar pantai.

Wisata Pantai Di Tuban

Berikut ini adalah beberapa daftar Wisata pantai yang ada di Kota Tuban:

  1. Wisata Pantai Pasir Putih Remen
    Wisata pantai ini terletak di sebelah barat kota Tuban dan berada di kecamatan Jenu. Tempat wisata ini menyajikan hamparan pasir berwarna putih dan pemandangan yang indah serta suasana yang sejuk.
  2. Wisata Pantai Mangrove
    Tempat wisata ini masih terletak di kecamatan Jenu dan menjadi tempat pariwisata unggulan kota Tuban. Di tempat ini para pengunjung bisa melihat indahnya Mangrove di pantai Tuban serta mengetahui secara langsung manfaat Mangrove bagi pantai dan lautan.
  3. Wisata Pantai Sowan
    Pantai Sowan merupakan tempat yang sebaiknya dikunjungi jika hendak mengetahui semua jenis pantai di Tuban. Di tempat ini para pengunjung bisa menikmati sejuknya pantai di Tuban serta nyamannya pepohonan di seputar pantai. pantai Sowan terletak di sebelah barat kota Tuban tepatnya di kecamatan Bancar.
  4. Wisata Pantai kelapa
    Tempat wisata ini terletak di Panyuran, sebelah timur kota Tuban. Di tempat ini pengunjung bisa melihat rimbunnya pohon kelapa dengan berbagai macam bentuk yang unik. Pohon kelap di tempat ini tidak hanya berdiri tegak namun juga ada yang tumbuh landai dan melengkung. Pengunjung bahkan bisa duduk atau berdiri diatas pohon kelapa yang landai dan melingkung tersebut. Di tempat ini suasanya sangat sejuk dan pemandangannya cukup indah. Tempat ini bahkan telah menjadi lokasi kemah dan juga pelatihan bagi segenap institusi di kota ini.
  5. Wisata Pantai Boom
    Pantai yang satu ini merupakan wisata pantai yang pertama kali dikembangkan Pemerintah Daerah Tuban. Pantai Boom telah telah mendapat banyak perbaikan dari pemerintah daerah. Tempat wisata ini telah menjadi satu paket dengan jenis wisata lainnya karena lokasinya yang strategis yaitu berada tepat di pusat Kota Tuban.
  6. Wisata Pantai Asmaraqandi
    Tempat wisata yang satu ini merupakan satu-satunya tempat wisata alami yang tidak dipungut biaya. Lokasi tepat berada di depan tempat wisata religi yaitu Makam Asmaraqandi. Pemandangan di pagi dan sore hari di tempat ini terlihat cukup bagus. Tempat wisata ini ditulis disini karena Admin sering melihat banyaknya penduduk yang menghabiskan waktu di pantai ini.

Pantai di Tuban

Jika kita membahas wisata pantai di Tuban, maka kita juga harus mengetahui mengenai kondisi Pantai yang ada di sebelah utara Kota Tuban. Pantai di Bumi Ronggolawe ini lebih sering disebut sebagai Pantura Tuban. Pantura adalah sebuah singkatan dari Pantai Utara. Pantura Tuban berarti Pantai Utara yang terletak di Kota Tuban. Jika kita telusuri, memang terdapat hamparan pantai di berbagai kota di Jawa Timur termasuk yang ada di Kota Tuban. Gugusan pantai tersebut masuk dalam ‘Laut Utara’ sehingga pantai yang ada di laut tersebut juga disebut dengan Pantai Utara. Penamaan Laut Utara tersebut berawal dari sebuah kebiasaan para pelaut tempo dulu yang sering menyebut laut di sepanjang pesisir pulau Jawa dengan laut Utara. Secara geografis, Laut tersebut memang terletak di sebelah utara pulau Jawa, namun secara kajian sejarah dan penelitian sosiologi menyebutkan jika penyebutan laut Utara lebih dikarenakan kebiasaan para pelaut di masa lalu dalam menamakan sebuah lautan den bukan karena kondisi Geografis. hal ini mengacu pada kajian jika lautan yang ada di sepanjang pesisir pulau Jawa memang lebih banyak terletak di arah utara sehingga para pelaut lebih senang menyebutnya laut Utara.

Kondisi Pantai

Jika kita ingin mengetahui kondisi Pantai di Tuban, ada baiknya kita melihat juga struktur sosial, kebiasaan dan tingkat pendidikan para penduduk yang menepati wilayah seputar pantai tersebut.

  1. Tingkat Pendidikan warga seputar Pantai di Tuban
    Tingkat pendidikan para penduduk yang tinggal di seputar pantai di Tuban bervariasi. Sebagian kecil penduduk memiliki pendidikan yang cukup tinggi seperti lulusan perguruan tinggi setingkat sarjana dan pasca sarjana. Sebagian besar penduduk pada umumnya hanya mengenyam pendidikan setingkat Sekolah Menengah Atas dan bahkan beberapa diantaranya tidak pernah duduk di bangku sekolah. Tingkat Pendidikan merupakan faktor yang cukup penting karena variabel yang satu ini bisa menentukan baik tidaknya sebuah pantai yang ada di sekeliling mereka.
  2. Kebiasaan
    Tingkah Laku adalah buah dari pemikiran yang kemudian bisa menjadi sebuah kebiasaan. Adapun kebiasaan penduduk di seputar pantai sangat mempengaruhi kelangsungan sebuah pantai. Faktor kebiasaan ini juga dipengaruhi oleh Tingkat Pendidikan yang telah dibahas sebelumnya.
  3. Strata Sosial
    Faktor yang satu ini memiliki dampak yang bisa dirasakan secara langsung pada pantai di Tuban. Struktur Sosial warga masyarakat di Tuban amat bervariasi. Adanya perbedaan struktur sosial akan berdampak pada cara berpikir dan mempengaruhi tingkah laku. Penduduk dengan strata sosial yang tinggi biasanya cenderung tidak merusak pantai meskipun di lain pihak juga tidak turut secara langsung dalam menjaga kelangsungan pantai. Adapun penduduk dengan strata sosial rendah biasanya tidak terlalu peduli dengan keberlangsungan suatu pantai meskipun pada hakikatnya mereka sangat bergantung pada pantai tersebut.
    Meski begitu, pada pengamatan yang kami lakukan secara langsung, kami menjumpai beberapa penduduk dengan strata sosial rendah sangat aktif menjaga pantai. Demikian juga dengan beberapa penduduk dengan struktur sosial tinggi juga cukup aktif menjaga keberlangsungan pantai di Tuban.
    Strata Sosial yang dimaksud dalam pembahasan kali ini lebih menitik beratkan pada tingkat ekonomi. Strata rendah berarti penduduk dengan penghasilan yang pas-pasan atau cukup rendah sedangkan tingkat strata sosial tinggi berarti penduduk dengan penghasilan yang lumayan besar. Strata Sosial berkaitan erat dengan tingkat pendidikan dan mempengaruhi secara tidak langsung pada Kebiasaan atau cara berpikir seseorang.

Dengan mempertimbangkan tiga hal diatas, kami melihat dan membandingkan kondisi setiap pantai yang ada di Tuban. Adapun Kondisi beberapa pantai seperti Pantai Boom di pusat kota, Pantai Sowan di bancar, Pantai Kelapa di Panyuran, Pantai Pasir Putih Remen dan Pantai Mangrove di Jenu, serta beberapa pantai lainnya terlihat masih butuh penataan yang lebih baik lagi. Kondisi kurang nyaman terlihat di beberapa pantai. Sampah yang berserakan merupakan pemandangan yang cukup lazim terdapat di pantai. Faktor pendukung pantai seperti tembok pembatas pantai dan juga pepohonan terlihat masih perlu penataan dan renovasi.  Adapun Pasir yang menjadi daya tarik pantai terlihat tidak merata dan di beberapa tempat seperti terlihat membentuk lubang bekas galian.

Meski begitu, secara umum kondisi pantai di Tuban sangatlah bagus. Di beberapa tempat bahkan terlihat pemandangan yang luar biasa di pagi dan menjelang matahari terbenam. Rindangnya pepohonan tela membuat pantai-pantai di Tuban sangat tepat menjadi tempat wisata bagi keluarga. Luasnya area pantai bisa menjadi tempat piknik keluarga sekaligus sebagai wahana bermain yang menyenangkan. Sejuknya angin laut membuat wisatawan enggan meninggalkan wilayah pantai.

Wisata Bahari

Sudahkah kita mengetahui arti Bahari? Bahari berarti laut atau hal-hal yang berkaitan dengan lautan. Adapun kami lebih sering menyebut Bahari dengan kelautan. Wisata Bahari adalah sebuah kegiatan untuk menghabiskan waktu dengan beraktivitas sekaligus menikmati indahnya suasana di lautan dan wilayah sekitarnya. Secara sederhana, Wisata bahari bisa diartikan sebagai Pariwisata di laut dan seputar pantai.

Laut Tuban

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, lautan yang berada di sebelah utara Kota Tuban lebih dikenal sebagai Laut Utara. Laut Tuban adalah perairan yang terletak di sebelah utara pulau Jawa dan berbatasan secara langsung dengan Kota Tuban. Laut Tuban di sebelah timur berbatasan secara langsung dengan Laut Lamongan. Pantai Karangagung yang terletak di dusun Ngaglik desa Karangagung Kecamatan Palang menjadi batas paling timur laut Tuban. Di sebelah barat, Laut Tuban berbatasan dengan laut Rembang. Adapun penamaan Laut Tuban pada tulisan ini lebih berasarkan pada pendekatan lokasi. Pada umumnya laut di sebelah utara pulau Jawa khususnya yang berada di Jawa Timur lebih dikenal dengan Laut Surabaya.

Kondisi laut Tuban

Laut yang ada di sepanjang wilayah Tuban merupakan aset berharga yang telah menunjang perekonomian kota Tuban. Di laut inilah warga Tuban yang berprofesi sebagai nelayan menggantungkan hidupnya. Adapun hasil laut Tuban sangat luar biasa. berbagai macam ikan dan biota laut terdapat di laut ini.

Mengingat begitu pentingnya laut Tuban bagi kota ini, Admin TubanCity.com berusaha mengulas sedikit tentang kondisi laut di Tuban. Laut Tuban kondisinya tidaklah seperti dulu. Jika dulu lautan di dominasi oleh warna biru sejuk yang menandakan bersihnya lautan, kini kondisi tersebut tak lagi sama. Di beberapa tempat gundukan sampah menggunung menciptakan suasana yang kurang nyaman. Limbah industri serta kebocoran pipa gas turut menyumbang kerusakan laut yang cukup sulit diatasi.

Disamping beberapa kondisi diatas, lautan di Tuban terlihat sangat menawan. Pemandangan yang sangat indah terlihat hampir di semua sisi. keindahan laut di Tuban bahkan bisa terlihat dari kejauhan. Jika kita ingin menikmati indahnya lautan di Tuban, ada baiknya kita simak jenis wisata laut di Tuban.

Wisata Laut Tuban

Pariwisata bahari pada hakikatnya terdiri atas wisata Pantai dan Wisata laut namun pada kenyataannya Wisata bahari lebih dikenal dengan wisata Pantai. Pada tulisan ini, admin akan menyajikan Wisata Bahari yang berkaitan dengan lautan dan tidak hanya pantainya saja. berikut ini adalah jenis-jenis wisata laut yang ada di Tuban

  1. Wisata Laut Timur
    Pada wisata ini pengunjung bisa melihat keindahan laut yang ada di sebelah timur Kota Tuban. Pengunjung bisa melihat indahnya matahari terbit dari sebelah timur disertai dengan jamuan hasil laut yang didapat secara langsung dari lautan tersebut.
  2. Wisata Laut Barat
    Pengunjung yang menyukai pemandangan laut di senja yang memerah hingga tenggelamnya sang surya bisa memilih untuk berwisata di laut barat.
  3. Wisata Laut Tengah
    Di wisata yang satu ini, wisatawan bisa melihat warna-warni kota Tuban di malam hari dari lautan. Wisata jenis ini sangat cocok dilakukan di malam hari sambil menikmati indahnya suasana bersama keluarga dan orang tercinta.

Pada ketiga Jenis Wisata laut diatas, pengunjung bisa memilih satu atau seluruh aktivitas berikut ini:

  1. Memancing ikan secara langsung dari lautan
    Jenis aktivitas yang satu ini sangat populer dan cukup diminati banyak wisatawan. Adapun tantangan yang dirasakan saat memancing di lautan dengan di sungai atau di tepi pantai sungguh sangat terasa berbeda. Di lautan deru ombak dan suara percikan air dari ikan yang berenang bergerombol cukup terasa. Di sini pengunjung tidak butuh waktu terlalu lama untuk menangkap ikan.
  2. Menikmati sajian laut
    Ikan atau hasil tangkapan yang diperoleh pengunjung menjadi hak milik sepenuhnya para pengunjung. Para pengunjung juga diperbolehkan untuk memasak hasil tangkapan mereka secara langsung diatas kapal.
  3. Snorkeling
    Bagi yang hobi menyelam, pengunjung bisa menikmati indahnya alam bawah laut Tuban. Banyak sekali Biota laut yang terdapat disini. Pemandangan bawah laut dan di atas laut terasa sangat berbeda. Di bawah laut, pengunjung bisa berenang secara langsung bersama dengan beragam ikan.

Adapun Wisata laut di wilayah Tuban pada dasarnya sangat sulit untuk didapatkan karena minimnya penyedia jasa wisata laut. Adapun Admin TubanCity.com hanya pernah mencoba wisata laut jenis ini sekali saja.

Wisata laut jenis ini sebenarnya sangat luar biasa pengaruhnya bagi perekonomian kota Tuban. Adapun penyedia jenis wisata ini akan mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit dari menyewakan kapalnya untuk pelesir para wisatawan. Adapun hasil dari penyewaan pemanggangan ikan dan juga peralatan untuk menyelam sepertinya tidaklah sedikit. Dari hasil pariwisata laut ini, pemerintah pun akan mendapatkan pemasukan yang tidak sedikit.

Kesimpulan

Wisata Bahari yang terdiri atas Wisata Pantai dan Wisata Laut telah turut membantu pembangunan di Kota Tuban tercinta ini. Pemerintah diharapkan untuk lebih berperan aktif dalam sosialisasi dan pengembangan setiap potensi wisata di kota ini. Adapun warga masyarakat diharapkan partisipasinya dalam menjaga keberlangsungan Laut Tuban khususnya dari masalah sampah dan limbah. Jika semua pihak saling bersinergi dan bekerja sama dengan baik, Wisata Bahari yang ada di Kota Tuban akan menjadi salah satu jenis wisata yang menjadi kebanggaan kita semua dan dapat menopang pembangunan dengan lebih baik lagi.

Anda menggunakan Adblock? :(

Kami berharap anda bersedia menonaktifkan Adblock saat mengunjungi website ini.