Pariwisata dan Rekreasi

Kota Tuban sudah terkenal sebagai sebuah kota industri di Jawa Timur namun tak semua orang tahu jika kota ini memiliki potensi wisata yang luar biasa. Potensi seperti apakah yang ada di Kota Tuban tersebut? Berikut ini adalah beberapa rangkuman yang secara khusus kami sajikan bagi pembaca TubanCity.

Pariwisata

Apakah itu Pariwisata? Pariwisata adalah sebuah kegiatan dimana kita mengunjungi suatu wilayah dan menghabiskan waktu untuk bersantai sekaligus menikmati keindahan suasana tempat tersebut. Secara umum pariwisata berarti berlibur atau rekreasi.

Wisata di Tuban

Di kabupaten Tuban, terdapat banyak sekali tempat wisata yang bisa dinikmati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat wisata tersebut pada umumnya tersebar hampir di seluruh wilayah. Adapun jenis tempat wisata yang bisa dikunjungi juga cukup beragam mulai dari wisata pantai, wisata alam pegunungan, wisata religi, wisata alam pedesaan, wisata industri, wisata historikal dan lain sebagainya.

Tempat Wisata di Tuban

Kondisi tempat wisata di Kota Tuban pada umumnya bisa dibilang lumayan baik namun pada umumnya semua tempat wisata yang ada di kabupaten Tuban memerlukan pembenahan, penataan dan pembangunan hampir di semua sisi. Beberapa tempat wisata kondisinya cukup terjaga dengan baik dan cukup memanjakan pengunjung namun di sisi lain, tak sedikit tempat wisata yang terbengkalai dan bahkan sudah mulai rusak. Kondisi yang memprihatinkan tersebut bisa ditangani dengan perbaikan secara menyeluruh ataupun bertahap pada semua lini tempat wisata yang ada di Kota Tuban. kerjasama dan kepedulian dari pemerintah dan masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga kelestarian semua tempat wisata di Tuban.

Jenis Pariwisata

Keindahan alam yang ada di kota Tuban sangatlah banyak namun tak semua orang mengetahuinya. Setiap tempat wisata tersebut menawarkan beragam jenis suasana dan keindahan. Berikut ini adalah beberapa kategori Pariwisata di Tuban.

Wisata Religi

Jenis wisata bisa dijumpai dengan mudah hampir di seluruh wilayah Tuban. Wisata jenis ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun pengunjung dari luar wilayah Tuban. Di Jawa Timur sendiri, Tuban juga dikenal sebagai Kota Wali yang artinya terdapat banyak wali yang disemayamkan di wilayah ini.

Wisata Bahari

Jenis wisata ini lebih terfokus pada lautan. Seperti yang kita ketahui, Tuban merupakan sebuah kota yang berbatasan secara langsung dengan lautan. Pada jaman dahulu, kota ini menjadi pusat berkumpulnya saudagar dari berbagai belahan dunia. Beberapa tempat di sepanjang utara kota Tuban menawarkan keindahan lautan yang bisa dinikmati secara gratis maupun berbayar. Wisata Bahari juga dikenal sebagai wisata laut. Untuk menikmati keindahan alam lautan di Tuban, pengunjung bisa menyaksikannya dari pesisir pantai maupun secara langsung berlayar di seputar pantai.

Wisata Alam

Untuk bisa menikmati keindahan alam yang ada di Kota Tuban, setiap wisatawan bisa mengunjungi berbagai tempat wisata yang tersebar merata di seluruh wilayah Tuban. Jenis wisata ini cukup banyak dan memiliki banyak variasi mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Pegunungan yang memanjang di seputar wilayah Tuban telah menjadi tempat yang sejuk dan asri bagi setiap pengunjung. Wisata Alam juga dikenal dengan Wisata Panorama. Setiap pengunjung bisa menikmati indahnya alam pegunungan dan sejuknya alam yang menjadi tempat bernaung umat manusia mulai jaman dahulu hingga saat ini.

Wisata Historikal / Sejarah

Jenis wisata ini tidak terlalu banyak terdapat di kota ini namun keberadaannya cukup memberi arti. Apalah arti sebuah hal tanpa mengetahui sejarah yang terjadi dibaliknya. begitu pula dengan Kota Tuban ini, terdapat beberapa museum yang mengabadikan perjalanan kota tercinta ini. Wisata sejarah juga dikenal dengan nama wisata historikal.

Wisata Edukasi

Semua jenis wisata takkan terasa lengkap tanpa adanya jenis wisata yang satu ini. Yup, Wisata edukasi merupakan jenis wisata yang lebih menonjolkan unsur pendidikan. Jenis wisata ini lebih banyak dilakukan oleh akademisi dan institusi pendidikan. Yang termasuk tempat wisata ini adalah Perpustakaan Umum di jantung kota Tuban dan instansi pendidikan di seputar kota. Wisata edukasi bertujuan untuk memberikan pengetahuan pada pengunjung tentang suatu hal atau topik.

Wisata Industri

Pada jenis wisata ini, pengunjung disuguhi proses produksi dari suatu produk. Para pengunjung tidak hanya bisa melihat proses produksi secara langsung namun juga menanyakan manfaat dan sifat dari produk tersebut. Wisata jenis ini biasanya difasilitasi oleh pemilik tempat industri, Pemerintah dan pihak-pihak yang terkait dengan pariwisata baik secara langsung maupun tak langsung. Wisata jenis ini lebih menitikberatkan pada pengenalan suatu produk.

Wisata Sosial

Jenis wisata ini sebenarnya bisa menjadi andalan pemerintah di masa mendatang. Wisata jenis ini menampilkan suatu tempat seperti desa atau kota yang memiliki ciri khas khusus. Sebagai contoh, di kota Tuban terdapat sebuah tempat yang secara khusus membuat batik. Desa ini sebenarnya bisa dibina dan dikembangkan menjadi salah satu tempat wisata yang baik jika ditata secara rapi dan berkesinambungan. Wisata sosial tak hanya berdampak pada rasa kebanggaan akan suatu daerah namun juga meningkatkan ekonomi secara langsung di kabupaten Tuban. Pendapatan dari wisata bisa digunakan untuk mengembangkan wilayah tersebut serta untuk membiayai pembangunan. Sedangkan hasil dari proses produksi bisa digunakan sebagai produk yang menjadi ciri khas kota Tuban. Adapun Kota Tuban memiliki kesempatan yang besar untuk bisa memiliki wisata sosial terbanyak jika kita menyadarinya. Di sebelah barat kota Tuban bisa digalakkan pembangunan Pohon Pepaya yang kemudian bisa dirubah menjadi tempat wisata yang menyajikan pepaya segar secara langsung. Dengan suburnya wilayah Tuban, hal ini takkan sulit untuk dilakukan. Adapun dengan sosialisasi yang baik, besar kemungkinan masyarakat akan mendukungnya. Efek positif dari wisata sosial adalah peningkatan ekonomi dan strata sosial secara langsung.

Subkategori Pariwisata dan Rekreasi
  1. Jenis Wisata
  2. Tempat Wisata di Tuban