Pantai Kelapa Panyuran di Kota Tuban

Pantai Kelapa Panyuran adalah sebuah pantai yang memiliki pemandangan yang cukup indah. Di tempat ini pengunjung disuguhi jajaran pohon kelapa yang berdiri kokoh di sepanjang tempat wisata tersebut hingga menuju pinggiran pantai. Meski pantai ini tidak terlalu luas namun di tempat ini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan bersama segenap keluarga.

Pantai Kelapa Panyuran adalah satu-satunya Wisata Bahari di Kota Tuban yang menampilkan keindahan pohon kelapa yang berjejer indah di tepi pantai di padu dengan deburan ombak kecil di lautan. Sebagai satu-satunya tempat wisata di Kota Tuban yang menampilkan keindahan pantai dan keasrian pohon kelapanya, tempat wisata ini sangat cocok digunakan sebagai tempat rekreasi bagi keluarga.

Pantai kelapa Tuban
Bersantai sambil menikmati pemandangan dan panorama laut di Pantai Kelapa Panyuran Tuban. Foto courtesy @NofiyanMS

Pantai Kelapa

Pantai Tuban
Selamat datang di Pantai Kelapa Panyuran Tuban

Tempat wisata ini diberi nama Pantai kelapa karena memang di lokasi wisata ini tumbuh subur berbagai jenis pohon kelapa dengan berbagai bentuk dan ukuran. Di salah satu tempat terlihat pohon kelapa yang melengkung dan di tempat lain terlihat pohon kelapa yang berdiri menyilang dengan pohon kelapa lainnya.

Pepohonan kelapa di pantai
Pepohonan kelapa di tempat ini terlihat sejuk dan melambai-lambai

Yang membedakan tempat wisata ini dengan yang lain adalah ciri khas pepohonan yang ada di sekitar tempat tersebut. Jika di pantai lainnya biasanya terdapat berbagai pohon seperti Mangrove, Bakau dan Cemara, namun semua itu tidak terlihat di tempat wisata ini. Di pantai Panyuran, hanya Pohon kelapa dengan daunnya yang melambai-lambai yang terlihat dominan di setiap sudut pantai ini.

Pantai Panyuran

Selain nama Pantai kelapa, tempat ini lebih dikenal dengan nama Pantai Kelapa Panyuran. Adapun nama Panyuran diambil dari nama desa yang menjadi lokasi tempat wisata ini. Jadi jika anda kesulitan menemukan tempat wisata ini, anda hanya perlu bertanya dimana lokasi desa Panyuran kepada warga Tuban dan anda akan segera menemukan lokasinya. Jika masih kesulitan, gunakan map yang ada pada bagian atas halaman ini.

Lokasi

group selfie pantai kelapa
Momen kebersamaan dan foto bersama di pantai kelapa

Tempat wisata ini berlokasi di desa Panyuran Kecamatan Palang kabupaten Tuban. Untuk menuju tempat ini, pengunjung hanya perlu menyusuri jalan raya Tuban menuju lamongan atau sebaliknya. Tempat wisata ini berada di sebelah timur dan hanya berjarak sepuluh menit dari pusat Kota Tuban.

Jam Operasional

Suasana menjelang sore hari
Sunset di pantai kelapa. Detik-detik saat matahari menghilang di ufuk barat terlihat cukup indah.

Pantai Kelapa Panyuran dibuka mulai pagi dan ditutup menjelang sore. Adapun jam pembukaan di pagi hari adalah pukul tujuh pagi dan ditutup jam 5 sore hari.

Harga Tiket

Harga Tiket untuk memasuki tempat wisata ini adalah 3000 rupiah. Sebuah harga yang cukup terjangkau bagi seluruh golongan masyarakat dan warga sekitar. Setelah membayar tiket, pengunjung bebas melakukan aktivitas yang menyenangkan bersama dengan keluarga.

Wahana dan Permainan

Wahana Pantai Panyuran
Duduk santai sambil menikmati suasana pantai

Ada beberapa Wahana dan Permainan di Pantai Kelapa Panyuran. Salah satu diantaranya adalah Flying Fox. Pengunjung bisa memanjat dan seakan terbang dari satu tempat ke tempat lain dengan wahana dan permainan ini. Untuk mencoba permainan Flying Fox ini, pengunjung hanya perlu membayar sebesar sepuluh ribu untuk anak-anak dan lima belas ribu untuk orang dewasa.

Wahana Flying Fox
Salah satu permainan yang bisa dicoba oleh pengunjung

Selain wahana dan permainan tersebut, masih ada beberapa jenis lainnya yang juga bisa dicoba oleh pengunjung. Adapun untuk mencobanya, ada baiknya untuk datang di hari libur karena wahana dan permainan biasanya hanya tersedia saat hari libur atau tatkala ada suatu acara yang berlangsung di pantai ini.

Event di pantai kelapa
@NofiyanMS menerima hadiah pada acara kegiatan sosial di pantai kelapa.

Keunggulan tempat wisata ini

Ada beberapa alasan mengapa tempat wisata ini sangat cocok menjadi salah satu destinasi wisata untuk keluarga. Berikut ini adalah beberapa keunggulan tempat ini:

  1. Tempat ini sangat asri
    Dedaunan pohon kelapa yang melambai-lambai tertiup angin serta birunya lautan menambah asri pantai ini. Semilir angin dan hijaunya lingkungan membuat tempat ini sangat tepat sebagai tempat istirahat melepas penat setelah sepekan beraktivitas.
  2. Keindahan pantai Kelapa Panyuran
    Pantai ini terlihat sangat indah dan tepat sekali digunakan sebagai tempat pengambilan foto dengan latar belakang pantai serta pohon kelapa dan awan yang indah. Selain itu, terdapat berbagai spot atau titik yang cukup bagus jika digunakan untuk selfi maupun foto bersama keluarga. Di lokasi paling utara, pengunjung bisa mengambil gambar saat gemericik air laut menerjang kaki dan dibagian selatan, barisan pohon kelapa yang asri bisa menjadi latar belakang untuk foto bersama seluruh anggota keluarga. Di tengah-tengah tempat tersebut, pengunjung bisa berfoto selfi dengan paduan air laut dan juga pohon kelapa. Sungguh pantai yang indah untuk dimasukkan dalam salah satu daftar tempat menarik untuk bersantai sekaligus selfi dan berfoto bersama keluarga tercinta.
Selfi pantai
Selalu siapkan ponsel dan kamera untuk mengabadikan momen indah bersama keluarga
Ekspresi bahagia di pantai
Ekspresi dan kebersamaan bersama keluarga di pantai kelapa
duduk santai di pantai
Hamparan pasir dan sejuknya angin laut membuat pengunjung betah di tempat ini.

Fasilitas Umum

Fasilitas parkir di pantai kelapa
Barisan mobil pengunjung saat menghadiri acara di pantai kelapa

Untuk fasilitas umum seperti parkir dan kebutuhan dasar lainnya, di tempat ini sepertinya sudah cukup memadai. Meski begitu, menjelang atau saat hari libur biasanya fasilitas umum tersebut mungkin perlu di tambah agar tidak terjadi antrian saat banyak pengunjung hendak menggunakan fasilitas yang sama.

Kesimpulan

Wisata Pantai Kelapa Panyuran Tuban
Jangan lupa kunjungi Wisata Pantai Kelapa Panyuran bersama keluarga. @NofiyanMS

Tempat rekreasi Pantai Kelapa Panyuran yang terletak di desa Panyuran ini memiliki banyak potensi untuk dikembangkan menjadi tempat wisata dengan nilai keunikan yang dimilikinya. Meskipun tidak terlalu luas, tempat wisata ini telah memiliki sarana pendukung yang memadai. Di tempat ini, pengunjung bisa mencoba berbagai wahana dan permainan dengan harga terjangkau. Adapun bagi yang hanya ingin melepas penat setelah sepekan beraktivitas, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket sebesar tiga ribu rupiah dan bisa sepuasnya menikmati panorama pantai di Kota Tuban yang memiliki latar belakang pohon kelapa yang melambai-lambai.

Pantai Kelapa Panyuran

Lokasi mudah dijangkau - 100%
Harga tiket terjangkau - 100%
Terdapat beberapa wahana - 100%
Fasilitas umum telah tersedia - 100%
Mudah mendapatkan makanan/minuman - 100%
Jam operasional cukup lama - 100%
Pemandangan cukup indah - 100%
Tempat parkir telah tersedia - 100%
Pepohonan kelapa terlihat asri - 100%
Angin dan ombak terlihat cukup indah - 100%

100%

Pantai Kelapa Tuban

Pantai Kelapa Panyuran merupakan tempat wisata yang tidak terlalu luas namun memiliki panorama yang cukup bagus. Jajaran pepohonan kelapa dan deburan ombak kecil di lautan membuat tempat ini sangat cocok menjadi salah satu destinasi wisata bersama seluruh anggota keluarga.

User Rating: 5.05 ( 68 votes)
Label

Moch Rifai

Moch Rifai adalah seorang blogger yang berasal dari kota Tuban Jawa Timur. Cita-citanya untuk memperkenalkan hal-hal menarik yang ada di kota kelahirannya adalah alasan utama terciptanya blog ini.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda menggunakan Adblock? :(

Kami berharap anda bersedia menonaktifkan Adblock saat mengunjungi website ini.