Paling Populer

Keunikan Kota TUBAN yang misterius

Setiap hal di dunia ini pada dasarnya selalu berbeda setiap satu hal dengan yang lain. pada setiap bentuk kehidupan, terdapat hal-hal yang membedakan antara satu individu dengan yang lainnya. Hal yang berbeda tersebut biasanya bersifat menarik dan menjadi ciri khas tersendiri. Ciri khas tersendiri tersebut umumnya disebut unik. Keunikan setiap hal sangat menarik untuk dipelajari dan diketahui oleh setiap orang untuk menambah pengetahuan. Hal-hal yang unik sering terjadi disekitar kita namun jarang disadari. Pada artikel kali ini, akan diungkap beberapa hal yang menarik dari kota TUBAN yang menjadi ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan kota lain di dunia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya. Hal-hal yang unik ini telah lama melekat di kota TUBAN dan menjadi kekayan budaya tersendiri sehingga patut untuk diketahui oleh publik. Dengan mengetahui hal-hal yang unik di kota TUBAN, masyarakat umum diharapkan akan semakin mengetahui eksistensi kota ini dan dapat mengambil manfaat dari hal itu. Tidak hanya unik, kota TUBAN juga menyimpan banyak misteri. Keunikan kota TUBAN ini mengandung misteri yang masih perlu pengkajian lebih lanjut.

Berikut ini adalah daftar keunikan kota TUBAN yang sangat Misterius menurut penulis.

  1. Keunikan Kota Tuban Dimulai dari adanya begitu banyak GOA yang berada di bawah area wilayah TUBAN. Bahkan dibawah Kota Tuban sendiri terdapat sebuah Goa yang cukup besar. Goa – goa di wilayah TUBAN tersebar mulai dari perbatasan kota Tuban hingga ke pusat kota. Sebuah goa yang legendaris adalah GOA AKBAR yang terletak di bawah kota TUBAN. Luasnya diperkirakan meliputi banyak area. Diperkirakan Goa ini berhubungan dengan begitu banyak goa lain di TUBAN. Karena begitu panjangnya goa ini hingga eksplorasi masih terus dilakukan hingga saat ini. Karena termasuk dalam cagar budaya, Eksplorasi goa ini berjalan lambat. Hal ini dikarenakan perlu pembelajaran dan penelitian sebelum eksplorasi dilanjutkan. Sebuah opini yang berkembang di masyarakat dan para orang tua yang masih hidup hingga saat ini menyebutkan bila GOA AKBAR dipakai tempat persembunyian para pejuang gerilya di masa lalu saat masa penjajahan. Hal ini memang masuk akal karena bentuk topografi goa AKBAR sangat memungkinkan untuk hal itu. Dengan dijumpainya beberapa hal yang diperkirakan sebagai alat perjuangan, bisa dipastikan keberadaan goa ini memang bisa dikategorikan sebagai tempat bersembunyinya para pejuang tempo dulu. Ada pula yang berpendapat bila tempat ini dipakai bertapa para pencari kesaktian. Memang di beberapa tempat ditemukan tepat yang sepertinya dipakai sebagai tempat pertapaan namun pembuktian lebih lanjut masih perlu dilakukan. Para tetua desa juga banyak yang berkisah tentang sebuah tempat yang dipakai bertapa oleh seorang wali dari TUBAN. Tempat pertapaan ini tidak pernah ditemukan namun sebuah situs di GOA AKBAR menunjukkan adanya tempat ibadah yang sangat indah. Hal ini bisa berarti GOA AKBAR kemungkinan adalah tempat yang dipakai bertapa. Pengkajian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan asumsi ini. Goa-goa di kota Tuban tersebar mulai dari ujung perbatasan hingga pusat kota. Goa Ngerong di Rengel dan puluhan lainnya menandakan kota TUBAN adalah kota yang dipenuhi goa. Struktur bebatuan membuat kota TUBAN memang tepat disebut kota dengan banyak goa. Sebuah nama kota TUBAN yang sangat terkenal adalah kota SERIBU GOA. Pada umumnya goa di Tuban menyimpan misteri yang masih belum bisa dipecahkan hingga saat ini. Di masa mendatang bisa dipastikan akan semakin banyak goa peninggalan masa lampau yang akan ditemukan.
  2. Kota TUBAN sangat kaya akan mineral. Begitu banyak minyak ditemukan di wilayah kota TUBAN menandakan kota ini ini dipenuhi sumber daya alam yang luar biasa. Beberapa ahli menyimpulkan adanya minyak karena berasal dari fosil masa lampau. Hal ini menandakan jauh didalam bumi tertutup bongkahan tanah kemungkinan menjadi tempat hidup peradaban kuno masa lampau. Hal ini bisa saja terjadi. Sebuah pergerakan bumi bisa membuat lokasi yang berada diatas menjadi tertimbun dibawah. Bisa saja tumbuhan dan bentuk kehidupan lain yang tertekan dengan sangat kuat akan berubah menjadi mineral yang saat ini sangat berguna bagi manusia. Masih perlu peninjaun lebih lanjut tentang asumsi ini. Namun sebuah tempat yang begitu banyak air bisa dipastikan menjadi tempat berkumpulnya berbagai macam kehidupan.
  3. Sumber air di kota tuban sangat melimpah. Hal ini mungkin disebabkan struktur tanah kota TUBAN yang memungkinkan hal itu terjadi. Pada umumnya air tanah di kota TUBAN merembes keluar menembus permukaan. Hal ini sangat fantastis karena tanpa perlu menggali air tanah tersebut. Hal yang sangat unik dan misterius adalah sumber air yang berdekatan dengan laut sekalipun masih berasa air tawar. Hal ini terjadi di masyarakat dan masih ada hingga sekarang.
  4. Kota TUBAN adalah kota pariwisata. Di tempat ini dulunya menjadi tempat bersemayam para wali. Sejarah menceritakan kota TUBAN berperan penting sebagai tempat persinggahan dan juga menjadi lokasi para wali dalam menimba ilmu. Masih diperlukan sumber yang otentik dalam pengkajiannya namun masyarakat meyakini para wali sangat menyukai kota TUBAN. Tak kurang begitu banyak warga kota lain berbondong-bondong ke kota TUBAN untuk singgah di tempat persemayaman terakhir para wali tersebut.

Keunikan kota TUBAN yang bersifat misterius tersebut masih diperlukan pengkajian lebih lanjut. Sebuah keyakinan dari warga Tuban hingga saat ini adalah kota TUBAN merupakan kota yang cukup tua sebagai lokasi berbagai bentuk kehidupan mulai dari zaman lampau hingga saat ini.

Tentang Moch Rifai

Moch Rifai adalah seorang blogger yang berasal dari kota Tuban Jawa Timur. Cita-citanya untuk memperkenalkan hal-hal menarik yang ada di kota kelahirannya adalah alasan utama terciptanya blog ini.

Baca juga

Bundaran di pertigaan Pakah

SPBU di TUBAN Mengalami Kelangkaan BBM

Warga TUBAN beberapa saat yang lalu merasakan kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) akibat dari pasokan …

4 Komentar

  1. ahmad ridlwan

    tuban city i love

    • Thanks for your nice comment. We love TUBAN and that’s the reason I created this blog 🙂

      • Indar

        Bos.saya mencari peta detail kabupaten tuban bos. bisa nggak ya?
        sama peta detail kota tuban juga.

        saya baru soalnya d tuban gak tahu kemana-man.
        kirim via email ya bos.
        oce bos.

        • Untuk Peta Kota Tuban, Peta Landscape atau peta Teritorial kah yang anda butuhkan. Dengan detail yang lebih lengkap mungkin request bisa segera dikerjakan. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *