Informasi Tes CPNS Daerah Kabupaten Tuban Jawa Timur

Tes CPNS atau Ujian bagi Calon Pegawai Negeri Sipil merupakan sebuah hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian kalangan yang ingin bekerja di pemerintahan. Banyak alasan yang menjadikan tes CPNS terasa spesial. Berikut adalah hal-hal yang menjadi alasannya:

  1. Tes CPNS digelar setiap setahun sekali atau saat ada kekurangan pegawai di pemerintahan. Berdasarkan pengamatan lebih lanjut, pada beberapa tempat terkadang setahun tak ada Ujian CPNS jika dirasa tak ada kekurangan pegawai. Pada suatu daerah, Ujian CPNS lebih dari satu kali adalah hal yang wajar merujuk pada situasi dan kondisi daerah tersebut.
  2. Tes CPNS merupakan ujian masuk yang membuat seseorang bisa merubah hidupnya menjadi lebih baik. Tak jarang seseorang mengikuti tes ujian CPNS dengan maksud untuk merubah keadaan ekonomi yang ada. Hal ini adalah wajar namun tanpa skills dan kemampuan yang wajar, beberapa orang mengatakan hal itu kurang ajar.
  3. Dalam Ujian CPNS, terdapat beberapa tahap verifikasi yang membuat beberapa orang menjadi frustrasi. Inilah sebuah kenyataan yang sangat ironi. Adalah harapan semua orang agar Tes CPNS berlangsung secara transparan dan hasilnya langsung bisa dilihat publik. Dengan perkembangan teknologi yang ada, tak akan sulit untuk mewujudkan hal itu. Di negara lain, tes bisa dilakukan secara cepat setelah prosedurnya dipenuhi. dengan menggunakan teknologi scanning data, dalam hitungan detik jawaban yang akurat bisa diketahui. Yang ada di Indonesia adalah masa verifikasi lebih lama dari masa prosedur Tes CPNS.
  4. Tes CPNS pada masa lalu mensyaratkan seluruh orangnya untuk cinta tanah air dan bangsa.Sangat sulit mengetahui tingkat patriotisme seseorang hanya dengan menggunakan kertas karena sikap patriotisme hanya akan terlihat melalui sikap dan perbuatan. Inilah yang menyebabkan kurangnya patriotisme bagi merek yang telah diangkat menjadi PNS. Meski begitu, tak kurang PNS yang benar-benar menjaga tanah airnya dalam setiap sikap dan perbuatannya. korupsi merupakan bentuk pengkhianatan terhadap negeri karena merugikan bangsa dan yang melakukannya merupakan pihak yang sama sekali tak bisa dipercaya untuk melanjutkan roda pemerintahan.

Beberapa hal diatas merupakan sekelumit data mengenai Tes CPNS. Banyak hal yang terkandung di dalamnya mulai dari ujian tingkat kesabaran hingga tes kejujuran. Pada beberapa wilayah, sering terjadi konflik dan permasalahan akibat dari pengadaan tes CPNS yang ditengarai tidak jujur. Ada kalanya seseorang yang namanya tercantum dalam daftar lulus CPNS tetapi tak bisa menjadi PNS. Pun ada pula yang tak berhak masuk menjadi PNS menggunakan segenap cara guna menjadi PNS. Negeri ini mulai rawan oleh orang-orang yang tidak kompeten namun dipilih untuk bekerja di pemerintahan. Akan lebih baik jika pemerintah mengambil beberapa mahasiswa pada setiap universitas yang memiliki nilai tertinggi untuk diuji secara langsung di tingkat propinsi dan jika mereka lulus ujian, maka gelar PNS bisa mereka bawa pulang. Dengan begitu negara ini tidak rugi memiliki mahasiswa yang pandai karena telah menempatkannya pada posisi yang pas di waktu yang tepat. Sebuah keputusan yang seharusnya diambil pemerintah sejak tempo dulu. Namun menjadi orang pandai di negeri ini tidaklah penting. Banyak hal telah membuktikan hal itu. Sebuah ironi yang luar biasa karena di luar negeri, kepandaian adalah hal yang utama. Namun di Negeri ini, hal itu kurang begitu berarti. Lalu mengapa setiap siswa yang belajar diharuskan untuk menjadi pintar? ARICK (Mochammad Rifai)

Update (Agustus 2014): Pemerintah Kota Tuban telah membuka Lowongan CPNS Tuban periode 2014 secara resmi sejak tanggal 1 hingga 16 September 2014. Keputusan tersebut tertuang dalam surat edaran pemerintah yang dikeluarkan tanggal 29 Agustus 2014. Ikuti link diatas untuk mengetahui informasinya.

Label

Moch Rifai

Moch Rifai adalah seorang blogger yang berasal dari kota Tuban Jawa Timur. Cita-citanya untuk memperkenalkan hal-hal menarik yang ada di kota kelahirannya adalah alasan utama terciptanya blog ini.

20 thoughts on “Informasi Tes CPNS Daerah Kabupaten Tuban Jawa Timur”

  1. maratun

    Alangkah baiknya pemerintah menambah kuota untuk guru TK di karenakan banyak sekali para guru tk yg sudah mempunyai ijazah S1 PAUD.

    1. Sebuah Opini yang layak didengarkan oleh pemerintah. 🙂

  2. DIDIK UTOMO

    Alangkah baiknya rekerutmen cpns di Kota Tuban Harus transparan Bebas KKN dan Anti korupsi bagi Panitai rekerutmen atau pun yang berkepentingan di dalamnya.

    tes yang dilakukan harus sesuai dengan bidang yang akan dimasuki oleh calon CPNS. jadi PNS tahun ini dan yang akand atang akan lebih profesional sesuai dengan kemampuanya.

    1. Pemikiran anda sangatlah tepat. Rekruitmen CPNS dilakukan oleh panitia yang senantiasa diharapkan berlaku jujur dan adil. Adapun tentang opini anda menganai ‘put the right man on the right place’, saya pikir inilah yang menjadi modal dasar untuk membangun kota tuban menjadi lebih baik lagi.

  3. Eli Fatayati

    Assalamu’alaikum wr.wb
    kenapa dulu tahun 2010 ada CPNS pustakawan tp yang di butuhkan kok D3, kenapa S1 tidak di butuhkan. Padahal sarjana S1 Perpustakaan sudah banyak sekali. Jadi saya mohon untuk tahun ini mudah2 an ada lowongan CPNS Perpustakaan S1, .
    Wassalamu’alaikum wr.wb

    1. Masukan yang anda sampaikan sungguh membuat pilu namun tentu saja da penjelasannya untuk berbagai hal. Saya telah mengkonfirmasikannya pada beberapa pihak secara informal dimana mereka mengatakan bahwa lulusan D3 ternyata pada masa lalu sering diabaikan sehingga kemudian diangkat.
      Nah inilah yang agak susah, ketika orang-orang muda merangkak naik berjuang meningkatkan pendidikan hingga S1 tapi ternyata yang didahulukan adalah ‘orang-orang lama’ yang telah lama diabaikan. Adapun saran yang bisa saya sampaikan hanyalah terus yakin bahwa Sarja S1 pustakawan tidak ditinggalkan. Apa yang anda smapikan akan saya sampaikan pada pihak pemerintah bagian pemerintahan secara informal. (dengan adanya perubahan pejabat dinas membuat hal ini semakin menyulitkan)
      Update: Tahun ini akan ada prioritas untuk Sarjana S1. Namun yang lebih diutamakan adalah skills dan perjuangan untuk bangsa.

  4. sri wahyuni

    akankah ada tes cpns untuk mahasiswa S1 pendidikan matematika yang belum terikat dengan instansi sekolah????????

    1. Tes CPNS selalu tersedia melalui jalur umum tanpa diperlukan ikatan kontrak/kerja pada instansi pendidikan. Meski begitu, adanya pengabdian pada lembaga pendidikan bisa memberikan nilai lebih terutama pada pengalaman dan kesempatan kerja.

  5. Mau tanya kapan ada tes Cpns tahun 2013 dan adakah kuota untuk guru geografi, mohon infonya?

    1. Tes CPNS untuk 2013 akan dijalankan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar landasn pelaksanaannya. Informasi mengenai waktu dan tempat-nya secara pasti masih belum bisa diumumkan karena menunggu konfirmasi dari pihak terkait. Segera setelah informasi tersedia, Akan diumumkan melalui artikel ini atau pada posting yang lebih baru.
      Untuk Kuota Guru Geografi, Sepertinya agak susah namun mengingat sedikitnya persaingan pada bidang ini (jika dibandingkan dengan bidang lainnya), maka besar harapan lulusan sarjana Geografi bisa menjadi PNS JIKA bidang Geografi dibuka lagi pada tahun ini.

      1. lusi

        kira kira kapan untuk tahun ini? dan posisi yg di ikutkan dalam seleksi cpns tahun 2013 itu apa saja?

        1. Untuk tahun ini, mari kita simak pengumuman resmi dari pemerintah Kota Tuban. Adapun posisi yang dibutuhkan kemungkinan akan mengalami penambahan. Untuk sementara kami belum menfapatkan data valid dari pihak terkait. Harap maklum jika kami tak ingin berspekulasi untuk hal yang menyangkut kedinasan.

  6. ashar yogi wibowo

    kapan di selenggarakannya tes cpns di tuban

    1. Mari Kita simak persiapan dan pelaksanaannya saat pemerintah Kota Tuban telah mengumumkannya secara resmi.

  7. Hariyanto

    Gan,anda luar biasa. saya pribadi sangat terkesan dan salut pada anda. Boleh minta no hp-nya gan? Kalau ada waktu kita share. trims, hidup nasionalisme.

    1. Nomor Ponsel saya dulu pernah ada dicantumkan pada blog ini namun kemudian dihapus dengan pertimbangan privasi. Setiap pembaca blog ini adalah sahabat. Sharing tentang beberapa hal sepertinya adalah hal yang menarik. Nomor Ponsel saat ini hanya tersedia di Profil Facebook. 🙂

      1. riska

        apakah pendaftaran cpns masih dibuka sekarang?

  8. toni

    pengumuman resminya dimana gan?

  9. mei

    Gmn nasib bidan2
    PTT yg sudah lama mengabdi?knapa di saat pemerintah ingin menghapus sistem outsoursing knapa malah kami para bidan yg telah mengabdi akan d rumahkan dan di ganti yg baru dg alasan lulusan baru banyak yg ngnganggur,ironisnya negri ini. pemda jg seolah2 enggan memperjuangkan nasib kami…???!

    1. Mbak/Nyonya Ika tidak perlu khawatir. Tenaga profesional dari bidang kebidanan tentu akan terus dipertahankan. Anda harus sedikit bersabar menanti kesempatan untuk diangkat menjadi pegawai negeri. Kami menerima informasi jika para bidan yang memiliki performa terbaik dalam pengabdian akan diangkat menjadi tenaga profesional yang bisa menjadi awal menjadi pegawai negeri sipil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *