Definisi Wisata Bahari

Pengertian Wisata Bahari yang akan disampaikan di halaman ini terbagi dalam beberapa kelompok. Pembagian tersebut didasarkan pada pendapat para ahli dan juga definisi umum dari Pariwisata Bahari jika ditinjau dari aspek sosial atau perilaku masyarakat.

Apakah Itu Wisata Bahari

Menurut beberapa individu yang telah meneliti tentang kepariwisataan, mereka memiliki pendapat berbeda namun hampir serupa dalam menilai Pariwisata Bahari. Perbedaan tersebut bisa dimaklumi karena tiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda dan mereka menilai sesuatu juga dari hasil pengamatan yang tentunya memiliki perbedaan pula.

Definisi Wisata Bahari menurut para ahli

Berikut ini adalah pengertian Wisata Bahari menurut para ahli:

  1. Wisata Bahari diartikan sebagai sebuah wisata dimana tempat wisata tersebut didominasi perairan dan kelautan. Pendapat ini cukup sederhana dan cukup mudah dipahami.
  2. Wisata Bahari juga berarti sebuah kegiatan untuk menikmati keindahan dan keunikan pesisir pantai dan juga lautan.
  3. Wisata Bahari juga didefinisikan sebagai sebuah usaha untuk memanfaatkan wilayah pantai dan laut sebagai tempat wisata.
  4. Definisi lainnya menyatakan bahwa Wisata Bahari merupakan kegiatan untuk menghabiskan waktu di pantai dan lautan.
  5. Yang terakhir, Wisata Bahari adalah kegiatan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem alam khususnya pantai dan lautan.

Nah, setelah membaca dan menelaah berbagai pengertian di atas, kita bisa dengan mudah menyimpulkan serta membuat pengertian tersendiri yang mencakup semuanya atau setidaknya mewakili arti dari Wisata Bahari yang sesungguhnya. Di bawah ini akan kami sampaikan arti wisata bahari berdasarkan pengamatan dan riset yang telah kami lakukan.

Wisata Laut
Wisata bahari di Tuban. laut terlihat tenang dan indah.

Pengertian Wisata Bahari

Wisata Bahari adalah suatu kegiatan untuk menghabiskan waktu dengan menikmati keindahan dan keunikan wilayah di sepanjang pesisir pantai dan juga lautan. Secara singkat, Wisata Bahari adalah sebuah rekreasi di pantai atau lautan.

Kegiatan Wisata Bahari

Jika anda ingin tahu apa saja kegiatan dalam wisata bahari, maka jawabannya akan sangat panjang. Terdapat banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai maupun lautan. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di laut dan pantai:

  1. Menjelajahi dan menikmati keindahan alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Terdapat banyak sekali biota laut dan juga batu karang yang sangat indah di dasar lautan. Dengan menjelajahi dasar lautan, kita bisa menikmati keindahan tersebut sekaligus mempelajari banyak hal baru. Kegiatan menjelajahi alam bawah laut sering disebut dengan Sea Walker yang berarti menjelajahi lautan. Kegiatan menjelajahi ini biasanya sering dilakukan disekitar pantai atau perairan dangkal.
  2. Diving dan juga Snorkeling. Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan peralatan menyelam. Tujuan kegiatan ini selain untuk rekreasi juga sebagai sarana untuk mempelajari keragaman kehidupan yang ada di lautan.
  3. Olahraga Air. Jenis kegiatan seperti Speedboat, berselancar dan Mengayuh perahu masuk dalam kategori ini.
  4. Menikmati hasil laut. Bagi yang gemar menikmati ikan, jenis kegiatan ini pasti tak akan pernah terlewatkan. Menikmati hasil laut yang didapat secara langsung dari lautan tentu memiliki cita rasa yang berbeda.
  5. Eko Wisata Bahari atau yang lebih dikenal dengan kegiatan konservasi bertujuan memberikan pengetahuan pada wisatawan untuk menjaga ekosistem pantai dan laut dari kerusakan.

Potensi Wisata Bahari

Wisata Bahari memiliki banyak sekali potensi. Berikut ini adalah beberapa potensi tersebut:

  1. Meningkatkan Ekonomi.Jenis wisata kelautan akan memiliki dampak secara langsung pada warga masyarakat di sekitar pantai dan lautan. Warga sekitar bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari menawarkan jasa maupun produk kepada wisatawan.Adapun sektor ekonomi juga akan bergerak ke arah positif seiring dengan semakin cepatnya perputaran uang dan jasa di suatu wilayah.
  2. Meningkatkan pendapatan daerah.Pendapatan daerah dari sektor wisata akan naik secara signifikan.
  3. Sarana Konservasi.Setiap wisatawan bisa mengetahui beragam hal yang berkaitan dengan dunia kelautan dan diharapkan hal tersebut bisa menambah kesadaran untuk menjaga kelestarian alam.
  4. Sarana Pendidikan.Tiada hal yang lebih baik dari belajar secara langsung dengan melihat dan mengetahui objek yang sedang dipelajari. Dengan melakukan kegiatan rekreasi bahari setiap wisatawan akan mendapatkan pengetahuan mengenai banyak hal yang berkaitan dengan kelautan.

Keunikan Wisata Bahari

Berikut ini adalah keunikan jenis wisata ini yang membedakannya dengan Pariwisata yang lain:

  1. Terdapat banyak hal baru yang bisa dipelajari. Saat kita berjalan di sekitar pantai, kita akan menjumpai banyak hal baru yang bahkan mungkin tidak pernah kita jumpai sebelumnya. Begitu juga saat kita menjelajahi lautan. Akan terdapat begitu banyak hal yang bisa diketahui dari kegiatan tersebut.
  2. Lokasi cukup sejuk dan lapang. Jenis Pariwisata Kelautan pada umumnya memiliki lokasi yang sangat luas serta terdapat hembusan angin yang cukup sejuk untuk dirasakan.
  3. Menikmati keindahan matahari yang muncul dan tenggelam di lautan. Menikmati pesona matahari yang muncul saat fajar menyingsing serta saat tenggelam di waktu senja terasa sangat luar biasa.
  4. Pengunjung bisa menikmati ikan hasil tangkapannya dari laut. Pada jenis wisata lain, hal ini tentu saja tidak bisa dilakukan.

Kesimpulan

Wisata bahari merupakan sebuah tempat rekreasi yang memberi dampak positif bagi lingkungan dan juga perekonomian. Jenis rekreasi ini cukup banyak terdapat di seluruh Indonesia karena tipe negara kita adalah negara kepulauan yang disatukan oleh lautan. Di Kota Tuban sendiri terdapat beberapa tempat wisata pantai dan bahari yang telah cukup dikenal di masyarakat seperti Wisata Pantai Pasir Putih Remen, Wisata Pantai Mangrove, Wisata Pantai Sowan, Wisata Pantai kelapa dan Wisata Pantai Boom.

Definisi Wisata Bahari

Wisata Pantai cukup diminati wisatawan
Wisata laut memiliki keunikan tersendiri
Meningkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan
Sebagai sarana edukasi pentingnya menjaga ekologi
Sebagai wahana belajar dan bermain
Sarana Konservasi pantai dan lautan
Memiliki lokasi yang luas dan sejuk
Terdapat banyak biota laut yang indah
Menawarkan kuliner hasil tangkapan laut
Banyak kegiatan bisa dilakukan di pantai dan lautan

Wisata bahari

Wisata Bahari menawarkan berbagai keunikan tersendiri yang membuat setiap wisatawan selalu ingin kembali ke tempat wisata tersebut. Banyak kegiatan bisa dilakukan bersama keluarga di sepanjang pesisir pantai dan lautan.

User Rating: 5 ( 92 votes)

Moch Rifai

Moch Rifai adalah seorang blogger yang berasal dari kota Tuban Jawa Timur. Cita-citanya untuk memperkenalkan hal-hal menarik yang ada di kota kelahirannya adalah alasan utama terciptanya blog ini.

Artikel Terkait

4 thoughts on “Definisi Wisata Bahari”

  1. Marlina S

    Artikel yang anda tulis ini sangat membantu saya dalam penyusunan skripsi yang secara khusus membahas Pariwisata Bahari.
    Saya juga berterima kasih karena telah diperbolehkan menggunakan artikel ini sebagai salah satu sumber referensi.

    1. You’re welcome.
      Kami merasa sangat senang mengetahui tulisan yang kami sampaikan bisa berguna bagi yang lain.

  2. Widya Auliya

    Beberapa hari yang lalu saya dan teman-teman mendapat tugas untuk mencari pengertian Wisata Bahari dari internet. Saya mendapat nilai yang paling bagus karena bisa mencantumkan berbagai pengertian tentang Pariwisata Bahari yang ditinjau dari berbagai sudut pandang. Trims.

    1. Selalu semangat untuk belajar dan carilah ilmu dimanapun anda berada. Saya yakin suatu saat nanti akan menjadi salah satu generasi bangsa yang sangat dibutuhkan negeri ini. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *