Sunday, 20 April 2014
Informasi Terbaru

Artikel tentang kelangkaan BBM di Kota Tuban

Kelangkaan Bahan bakar Minyak (BBM) pernah melanda kota Tuban beberapa waktu yang lalu. Penyebab utamanya adalah tersendatnya arus distribusi dari produsen ke distributor. sebagai sumber energi yang sangat dibutuhkan warga, Bahan Bakar Minyak atau BBM merupakan sebuah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi. Minyak sebagai sumber energi untuk memasak merupakan kebutuhan primer. tanpa adanya minyak, kegiatan masa-memasak akan terganggu dan ekonomi akan lumpuh. bayangkan saja berapa jumlah rumah makan yang akan menutup usahanya karena ketiadaan minyak. nelayan dan petani pun juga membutuhkan minyak untuk tetap bisa bertahan. Minyak digunakan sebagai bahan bakar untuk memulai aktivitasnya. Petani menggunakan minyak untuk menyalakan mesin penyedot air sementara nelayan menggunakannya untuk menghidupkan mesin perahu dan kapal agar bisa melaut.

Kelangkaan BBM adalah fenomena yang cukup membuat masyarakat menjadi khawatir. Imbasnya yang luar biasa pada berbagai sektor membuat berbagai pihak sangat tidak mengharapkan kelangkaan BBM terjadi. Pihak industri yang bergantung seratus persen pasokan energinya dari minyak tak akan sanggup untuk mempekerjakan karyawannya jika minyak yang dibutuhkan tak kunjung tiba akibat dari kelangkaan BBM. Masyarakat sebagai konsumen akhir juga sangat menderita dengan ketiadaan minyak. Kelangkaan BBM yang terjadi membuat mereka tak bisa menggunakan kendaraan mereka untuk menjalankan aktivitas keseharian.

Kendaraan yang menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) tentu saja tak akan sanggup untuk beroperasi tanpa adanya minyak sebagai sumber energi jika kelangkaan BBM terus menerus terjadi. Imbasnya adalah pelayanan publik yang terganggu. Perusahaan angkutan dan jasa tentu tak bisa membuat armada bus dan kendaraannya untuk beroperasi tanpa adanya minyak. Hal ini akan membuat penumpang terlantar dan sangat tidak diharapkan. dengan ketiadaan transportasi yang berjalan optimal, bisa dipastikan sektor industri dan perdagangan akan ikut lumpuh secara perlahan.

Kelangkaan BBM akan membuat harga minyak naik secara perlahan. Jika tidak diantisipasi dengan penuh perhitungan, bisa dipastikan harga minyak akan naik tanpa mengikuti harga anjuran yang disarankan pemerintah. Pedagang maupun pemasok akan seenaknya meningkatkan harga guna mencari keuntungan. Salah satu prinsip ekonomi dalam keadaan barang yang sedikit sementara permintaan meningkat maka adalah hal yang lumrah jika harga menjadi naik. Kenaikan harga ini akan berdampak teramat luas. Harga barang-barang kebutuhan pokok lainnya juga akan ikut naik guna mengimbangi biaya produksi dan juga pengeluaran lainnya. Inilah pentingnya untuk menjaga agar pasokan BBM benar-benar lancar dan tanpa ada kendala apapun. Seminggu saja pasokan BBM terkendala, maka sektor ekonomi, pariwisata, perdagangan, agrobisnis dan hampir seluruhnya akan ikut menanggung beban.

Sudah seyogianya kelangkaan BBM dicermati secara bijaksana mulai dari penyebab dan juga kemungkinan terburuknya. Sebuah penyebab yang mungkin terjadi seperti masyarakat yang melakukan demo dan menghentikan pasokan BBM tentu sangat tidak bijaksana. Hal ini akan merugikan seluruh komponen masyarakat lainnya. Sebuah hal yang mulia adalah mengantisipasi kekurangan pasokan BBM yang terjadi hampir di sekali pada suat daerah. Pasokan BBM lumrah terkendala jika pengangkutnya mengalami masalah seperti kapal pengakut minyak yang rusak di tengah lautan atau pipa penyalur yang mengalami kebocoran.

Artikel tentang kelangkaan BBM yang ditulis oleh Mochammad Rifai pada tanggal 19 Juni 2012 berisikan Detail mengenai artikel tentang kelangkaan BBM dan Informasi terkait artikel tentang kelangkaan BBM. Rating: 5.0
Artikel tentang kelangkaan BBM Penulis artikel tentang kelangkaan BBM 10 dari total 10 berdasarkan pada 43 rating dan 1 review di Editorial.

Kelangkaan BBM (Bahan Bakar Minyak) merupakan fenomena yang sangat tidak diharapkan untuk terjadi mengingat dampaknya yang luar biasa pada seluruh sektor di masyarakat. mencegah lebih baik daripada mengobati, antisipasi kelangkaan BBM oleh masyarakat dan Pemerintah adalah mutlak diperlukan. Kontrol penyaluran minyak dan distribusinya patut mendapat perhatian lebih. jangan sampai kelangkaan BBM terjadi di saat permintaan meningkat. Sebuah contoh sederhana adalah pada saat menjelang hari raya. Saat permintaan meningkat dan harga kebutuhan pokok juga mulai merayap naik dari harga normal, akan sangat buruk jika pada saat itu kelangkaan BBM terjadi. Bisa diketahui dengan pasti jika harga kebutuhan ekonomi baik primer maupun sekunder akan naik hingga beratus-ratus persen tanpa terkendali. kelangkaan BBM harus diantisipasi dan tidak boleh terjadi karena akan merugikan seluruh pihak. banyaknya sektor yang bergantung pada minyak adalah penyebab utama yang membuat kelangkaan BBM berdampak negatif. ARICK (Mohammad Rifai – Pemerhati lingkungan serta analis ekonomi mikro)

Profil Mochammad Rifai

Mochammad Rifai Adalah seorang blogger yang berasal dari kota Tuban di jawa timur. Cita-citanya untuk memperkenalkan hal-hal menarik yang ada dikota kelahirannya adalah alasan utama terciptanya blog ini.

Tinggalkan Pesan

Email anda takkan dipublikasikan. Kolom bertanda khusus wajib diisi *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>